JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

UMK Wonogiri 2023 Naik, Tinggal Nunggu Pengusulan ke Gubernur Jateng

Kepala Disnaker Wonogiri, Ristanti
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Upah minimum kabupaten atau UMK Wonogiri 2023 saat ini tinggal menunggu pengusulan ke Gubernur Jateng. Selanjutnya UMK Wonogiri 2023 bersama daerah lain di Jateng ditetapkan oleh Gubernur Jateng.

Dewan Pengupahan Wonogiri telah menggelar dua kali sidang. Hasilnya diserahkan ke Bupati Wonogiri Joko Sutopo, antinya Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang mengusulkan ke Gubernur Jateng.

Untuk diketahui, upah minimum kabupaten/kota atau UMK Wonogiri 2022 sebesar Rp1.839.043,99.

Kepala Dinas Tenaga Kerja atau Kepala Disnaker Wonogiri Ristanti mengatakan provinsi menggunakan Permenaker Nomor 18 tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023 untuk menentukan upah minimum provinsi (UMP). Permenaker itu merupakan langkah konkret dari pusat diskresi atas PP 36 yang tidak bisa menjawab kondisi ekternal, kondisi ekonomi nasional

Lalu kapan UMK Wonogiri 2023 bakal ditetapkan? Kepala Disnaker Wonogiri Ristanti menuturkan pihaknya berusaha secepatnya. Pada 7 Desember mendatang, bakal ditetapkan oleh gubernur.

“Ya sebelum tanggal 7. Iya memang masih tarik ulur, biasa UMK ‘kan selalu seperti itu. Apalagi ini dianggap ada dualisme aturan. Meskipun sebenarnya Permenaker Nomor 18 tahun 2022 itu tidak mengganti PP. Itu aturan yang muncul karena terjadi diskresi. Permenaker (Nomor 18 tahun 2022) itu muncul khusus mengatur upah minimum 2023,” tandas Kepala Disnaker Wonogiri Ristanti, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga :  Ledakan Mercon Bulusari Slogohimo Wonogiri, 4 Anak Jadi Korban

Ketua SPSI Wonogiri Seswanto mengatakan pihaknya awalnya mengharapkan UMK Wonogiri bisa naik di interval 7-9 persen dari UMK 2022. Kemudian ada pembahasan di Dewan Pengupahan Wonogiri.

“Prediksi saya, kalau UMK Wonogiri 2023 dihitung pakai Permenaker Nomor 18 tahun 2022 (tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023), UMK Wonogiri 2023 naik di angka sekitar 7,45 persen,” kata Ketua SPSI Wonogiri Seswanto.

Seswanto menuturkan, jika penghitungan UMK Wonogiri 2023 menggunakan skema atau rumus dari Permenaker Nomor 18 tahun 2022 UMK bakal naik Rp 130-an ribu. Sementara jika memakai skema di PP 36 tahun 2021 tentang Pengupahan di bawah itu.

Sekretaris Apindo Wonogiri Gangsar Laksono juga membenarkan bahwa Apindo dan SPSI masih tarik ulur terkait UMK Wonogiri 2023. Apindo Wonogiri berharap penentuan UMK Wonogiri 2023 menggunakan PP 36 tahun 2021 tentang Pengupahan meski sudah ada Permenaker Nomor 18 tahun 2022.

“Dengan PP 36 kita juga mempertimbangkan segi kelangsungan bisnis di area Wonogiri dan teman-teman di Apindo juga,” kata Gangsar Laksono.

Baca Juga :  Hafidz Budi Raharjo alias Papit, Mantan Ketua PPK Wonogiri yang Ditahan di Lapas Wonogiri Meninggal Dunia

Gangsar Laksono menuturkan, ada sejumlah pertimbangan terkait hal tersebut. Di antaranya adalah kondisi ekonomi dan di tahun 2023 banyak hal yang perlu dikaji.

Menurut dia, kenaikan UMK Wonogiri 2023 yang tinggi jangan sampai menghambat laju pertumbuhan bisnis. Selain itu juga jika UMK Wonogiri 2023 naik terlalu tinggi, dampaknya bisa terjadi perampingan atau pengurangan karyawan.

“Bahkan perusahaan yang ingin berkembang malah bisa jadi stagnan. Artinya tidak melakukan rekrutmen karyawan kan kasihan juga. Apalagi kemarin ada pandemi Covid-19, kami masih terus beradaptasi, jangan sampai perkembangan yang saat akan mulai kita jalan jangan sampai teraganggu,” papar Gangsar Laksono.

Gangsar menambahkan, apabila Dewan Pengupahan Wonogiri yang didalamnya terdapat unsur pemerintah memutuskan untuk menetapkan UMK Wonogiri 2023 dengan skema sesuai Permenaker Nomor 18 tahun 2022, pemerintah siap menerima resiko kestabilitas bisnis di Apindo.

Yang jelas, kata dia, pihaknya mendukung UMK Wonogiri 2023 naik. Itu sebagai wujud apresiasi kepada para buruh.

Menurut pihaknya, inflasi dan pertumbuhan ekonomi sudah dituangkan di PP 36 tahun 2021 tentang Pengupahan secara rinci. Pihaknya memegang prinsip di peraturan itu karena PP itu sudah dijalankan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com