JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

2 Sekolah di Sragen Hancur Tertimpa Pohon Besar. Kerugian Puluhan Juta

Petugas BPBD dan relawan gabungan mengevakuasi pohon besar yang tumbang menimpa sekolah MIN dan TK Perwanida di Gabugan, Jumat (2/12/2022) petang. Foto/Wardoyo
   

 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bencana angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sragen, Jumat (2/12/2022) petang.

Sejumlah bangunan dan 2 sekolah dilaporkan mengalami rusak parah akibat kejadian itu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Namun kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Data yang dihimpun di lapangan, angin kencang menerjang sekitar pukul 16.00 WIB bersamaan dengan hujan deras yang mengguyur.

“Angin melanda sekitar pukul 16.00 WIB diawali dengan hujan deras yang menyebabkan sejumlah l pohon tumbang dan kerusakan lain,” papar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen, Agus Cahyono, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (2/12/2022) petang.

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli
Petugas BPBD dan relawan gabungan mengevakuasi pohon besar yang tumbang menimpa sekolah MIN dan TK Perwanida di Gabugan, Jumat (2/12/2022) petang. Foto/Wardoyo

Berdasarkan hasil assesmen petugas, kerusakan terparah dialami dua sekolah di Desa Gabugan, Kecamatan Tanon. Yakni MIN 1 Sragen yang berlokasi di Dukuh Karang Nongko RT 3, Desa Gabugan, Tanon.

Sekolah itu rusak parah bagian terasnya seusai tertimpa pohon jati diameter 30 cm. Kerugian diperkirakan Rp 1,3 juta.

Kerusakan lebih parah dialami taman kanak-kanak (TK) Perwanida di desa yang sama. Bangunan sekolah TK itu hancur bagian terasnya setelah tertimpa 2 pohon pinisium berukuran 20 cm.

Kerugian material di sekolah ini ditaksir mencapai Rp 50 juta. Selain dua sekolah itu, sejumlah ruas jalan mengalami kemacetan akibat pohon tumbang merintang jalan.

Baca Juga :  Karang Taruna Bina Karya Muda di Sragen Menggelar Acara Takbir Keliling Hari Raya Idul Fitri 1445 H Diiringi Musik Drumband

Di antaranya di wilayah Slogo, Gabugan, Ketro, Sambiduwur, kemudian Jalan Pengan – Masaran di wilayah Bentak Sidoharjo.

Ilustrasi petugas BPBD Sragen mengevakuasi pohon tumbang merintang jalan akibat terjangan puting beliung. Foto/Wardoyo

Dari hasil rekapitulasi BPBD, total ada 7 pohon tumbang, 2 pohon tumbang menimpa kanopi teras sekolah, 4 pohon tumbang menutup akses jalan.

“Kemudian teras kanopi sekolah MIN 1 Sragen ukuran 2m x 3m rusak sedang dan teras kanopi sekolah TK Perwanida ukuran 4m x 10m rusak berat. Lalu tiang listrik Lampu penerangan jalan Provinsi rusak berat,” urai Agus.

Meski demikian, ia memastikan tidak ada laporan korban jiwa. Akan tetapi kerugian material ditaksir mencapai Rp 65 juta. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com