JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

6 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mencegah dan Menangani Kram Kaki

Ilustrasi kram kaki / tempo.co
   

JAKARTA, JOJGLOSEMRNEWS.COM – Kram kaki bisa terjadi pada siapa saja, tanpa pandang bulu dan usia. Tentu, mengalami kram kaki sangat menggangu aktivitas seseorang.

Ahli Ortopedi, Jonathan Cluett, MD dalam laman verywellhealth menjelaskan, kram kaki tidak dapat diprediksi karena dapat bervariasi dalam hal intensitas, durasi dan datang tiba-tiba.

Hanya saja,  kram kaki dapat diprediksi sebelum nyeri otot terjadi. Bagaimana mencegah terjadinya kram kaki itu lebih parah, ini tipsnya.

 

  1. Penuhi Asupan Hidrasi

Meskipun anda tidak selalu dapat mencegah kram kaki, tetap memenuhi hidrasi membuat anda terhindar dari kram. Minumlah setidaknya 3 gelas penuh air setiap hari, termasuk 1 gelas sebelum tidur, juga minum banyak cairan sebelum, selama, dan setelah olahraga.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

 

  1. Konsumsi Magnesium

Minuman elektrolit memang membantu menjaga anda tetap stabil, namun mengkonsumsi makanan kaya kalium atau magnesium, termasuk pisang, ubi jalar, kacang-kacangan, dan alpukat juga membantu mencegah dari kram kaki. Melansir dari healthline, magnesium telah menjadi rekomendasi untuk mengobati kram otot wanita hamil, namun dengan catatan dalam pengawasan dokter untuk konsumsi suplemen magnesium.

 

  1. Peregangan

Hentikan aktivitas apapun yang menyebabkan kram dan regangkan otot dengan lembut, anda dapat memijat otot saat melakukan peregangan atau setelah selesai. Oleskan bantal hangat ke area kram setelah peregangan. Jika otot betis kram di tengah malam, berdirilah dan pelan-pelan beri beban pada kaki yang sakit agar mendorong tumit ke bawah dan meregangkan otot.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

 

  1. Pasca Olahraga

Saat berolahraga, lakukan rutinitas peregangan pasca-latihan yang baik akan mencegah kram. Pastikan anda menutup dengan pendinginan setelah berolahraga dan jauhi olahraga berat sesaat sebelum tidur.

 

  1. Latih Secara Bertahap

Hindari menambah beban olahraga dibandingkan dengan minggu sebelumnya, sebagian besar atlet yang mengalami kram kaki, seperti pelari jarak jauh, cenderung mendapatkannya karena mereka meningkatkan intensitas atau durasi latihannya terlalu cepat.

 

  1. Terus Bergerak

Berjalan kaki juga meredakan kram kaki dengan mengirimkan sinyal ke otot, yang perlu dikendurkan setelah berkontraksi. Jika semuanya gagal, anda terus mengalami kram otot biasa, segera melakukan pijatan teratur untuk membantu otot tetap rileks.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com