JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

BEM FH UNS Gelar Semar Law Festival, Hadirkan Pakar dari Berbagai Kalangan

Narasumber sedang menyampaikan materi dalam acara KPH di Auditorium UNS. Foto : dok

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar “Semar Law Festival” (SLF), pada 25-27 Nopember 2022. SLF terdiri dari dua rangkaian acara, yakni Kenal Profesi Hukum (KPH) yang dilaksanakan pada 25 Nopember dan Forum Mahasiswa Hukum Indonesia (FMHI) pada 26-27 Nopember.

KPH merupakan acara yang dikemas dalam bentuk talkshow mengenai keprofesian sarjana hukum. Acara ini dibuka oleh Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa dan berlangsung meriah dengan dihadiri oleh 250 orang peserta, mulai dari mahasiswa hingga masyarakat umum.

SLF menghadirkan beberapa pembicara, seperti  Tung Desem Waringin (Motivator – Alumni FH UNS), Lewi Aga Basieki, S.H., LL.M (Associate Ginting & Reksodiputro Law Firm), Dr. Sunny Ummul Firdaus S.H., M.H (Dosen Fakultas Hukum UNS), dan Dewi Kurnia Salwa (Vice President Human Captial PT Kilang Pertamina International).

Pada bahasan tema “Pengaruh Pendidikan Hukum dalam Menghasilkan Lulusan yang Berkompeten dan Berperikemanusiaan dalam Dunia Profesi Hukum” oleh Dr. Sunny Ummul Firdaus, S.H., M.H. dan Lewi Aga Basoeki, S.H., LLM. menjelaskan fenomena kesenjangan dalam dunia pendidikan dan praktiknya di lapangan.

Baca Juga :  162 PPS Dilantik KPU Solo, Ternyata Segini Honornya
Narsumber dalam FHMI BEM FH UNS. Foto : dok

Kedua pembicara mengelaborasi faktor-faktor penyebab kesenjangan dan cara-cara untuk menghadapi hal tersebut. Pada topik bahasan ini juga diulas mengenai praktik budaya intelektual yang seharusnya dipraktikkan mahasiswa hukum, yaitu meningkatkan literasi dan memiliki kemampuan berpikir global serta agar pendidikan hukum mencetak lulusan yang berperikemanusiaan.

Lewi Aga Basoeki sebagai seorang corporate lawyer pun memberikan tips dan trik bagi mahasiswa yang tertarik memiliki karier yang sama dengannya.

Kemudian, pada topik bahasan “Kiat-Kiat Mahasiswa Hukum yang Ingin Berkarier di Luar Profesi Hukum” oleh Tung Desem Waringin dan Dewi Kurnia Salwa yang membagikan perjalanan karier di bidang non hukum serta kiat-kiatnya.

Tung Desem Waringin bercerita bahwa awal mula kariernya di luar profesi hukum adalah karena keterbatasan IPK. Namun, ia memiliki value lebih sebagai mahasiswa teladan sehingga diterima di Bank BCA yang pada saat itu baru berdiri.

Baca Juga :  Gibran Minta Semua Saling Memaafkan Soal Pelemparan Bus Persis Solo: Ini PR Besar Pak Erick Thohir

Dengan kemampuannya yang mudah beradaptasi, saat ini Tung Desem sukses sebagai motivator, pengusaha, investor, dan ahli marketing.

Pada acara Kenal Profesi Hukum 2022, dia berpesan agar di mana pun seseorang bekerja maka harus belajar tentang kecerdasan keuangan.

Di sisi lain, Dewi Kurnia Salwa memberikan saran agar mahasiswa hukum memperluas wawasannya dalam mencari pekerjaan. Hal ini karena bidang hukum sangat berkesinambungan dengan kehidupan sehari-hari sehingga memungkinkan mahasiswa hukum berkarier di luar profesi hukum.

Dewi Kurnia Salwa juga turut memberikan penjelasan terkait tempat bekerjanya, yaitu PT Kilang Pertamina International yang merupakan perusahaan besar dan populer di kalangan masyarakat.

Sebagai seorang vice president, dia juga turut memberikan tips bagi mahasiswa yang ingin berkarier menjadi vice president, yakni dengan mengikuti training atau workshop.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com