JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Makanan dan Minuman ini Baik untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi buah-buahan. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kulit manusia berfungsi untuk melindungi tubuh dari kuman, mengatur suhu tubuh, dan merasakan sensasi sentuhan. Kulit juga menjadi salah satu faktor utama penunjang penampilan seseorang.

Maka menjaga kesehatan kulit menjadi sesuatu yang harus dilakukan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan selalu memenuhi nutrisinya.

Merujuk Cleveland Clinic, buah dan sayuran kaya vitamin C menyediakan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Antioksidan pada buah dan sayur ini bermanfaat untuk mengatasi kerutan wajah dan pigmentasi kulit. Ada banyak buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, lemon, limau, paprika, brokoli, stoberi, dan kiwi.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Asupan untuk kesehatan kulit

1. Ikan berlemak omega-3

Mengutip Medical News Today, kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam beberapa jenis ikan mendukung kesehatan kulit. Omega-3 membantu mengurangi risiko kanker kulit nonmelanoma. Omega-3 mengurangi kerusakan akibat radiasi ultraviolet (UV) dan tanda peradangan di kulit. Ikan berlemak omega-3 termasuk herring, sarden, dan salmon.

2. Kedelai

Kedelai mengandung senyawa isoflavon yang bermanfaat melindungi kulit, terutama perempuan. Isoflavon bermanfaat mengurangi kerutan halus dan meningkatkan kelenturan kulit.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

3. Alpukat

Buah alpukat. Foto: Pixabay

Alpukat banyak mengandung lemak sehat dan vitamin E yang mendukung kesehatan kulit. Alpukat juga mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin yang melindungi kulit dari kerusakan tersebab radiasi UV.

4. Teh hijau

rawpixel

Merujuk GoodRx Health, teh hijau baik untuk menjaga cairan tubuh. Teh hijau bisa mengurangi kekasaran dan kerak di kulit sekaligus meningkatkan cairan dan kelenturan..

5. Kandungan polifenol

Polifenol zat antioksidan kuat yang bisa ditemukan dalam kopi, anggur, cokelat, dan teh. Polifenol membantu mengurangi tekstur kasar di kulit dan melindungi dari kerusakan akibat paparan berlebihan sinar matahari.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com