JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gunung Semeru Meletus, Jepang Ketar-ketir Bakal Terdampak Tsunami, Ini Penjelasan Pakar

Gunung Semeru memuntahkan abu tebal di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022). Badan Meteorologi Jepang menyerukan status siaga akan ancaman tsunami, pasca meletusnya erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur / tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Erupsi gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, telah menyebabkan pemerintah Jepang menyerukan untuk waspada tsunami sebagai salah satu dampaknya.

Seruan itu disampaikan oleh Badan Meteorologi Jepang pasca meletusnya gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) pagi

Mengenai hal itu, peneliti Institut Teknologi 10 Nopember (ITS), Dr Ir Amien Widodo mengatakan, erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur sebenarnya tidak akan sampai ke lautan.

Hal tersebut dikatakan Amien terkait pemberitaan kewaspadaan Jepang akan Tsunami akibat Erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur yang terjadi pada Minggu (4/12/2022).

Baca Juga :  Makin Akrab dengan Zulhas, Erick Thohir Bakal Berlabuh ke PAN?

“Tidak ada kemungkinan sampai Tsunami ataupun letusan yang sampai lautan,” ungkap Pakar Geologi ITS itu.

Dikatakan Amien, gunung berapi di darat seperti Semeru laharnya tidak akan sampai bibir pantai.

“Sudutnya sudah datar sehingga tidak akan mungkin meletus sampai bibir pantai juga nggak mungkin. karena energinya berkurang,” tegasnya.

Pemicu Tsunami menurutnya terjadi jika gunung yang meletus berada di lautan seperti Krakatau dan gunung api dasar laut di pasifik.

Baca Juga :  Mantan Walkot Blitar Samanhudi Anwar Diciduk Polisi, Diduga Terlibat Perampokan di Rumdin Wali Kota Blitar: Aksi Perampokan Disebut Direncanakan dari Lapas Sragen 

“Jepang memang mewaspadai karena khawatir akan ada Tsunami karena ada gunung berapi di Pasifik yang bersebelahan dengan Jepang, yakni gunung Hunga di pulau Tonga,”lanjutnya.

Untuk saat ini status gunung Semeru paling akurat hanya bisa diberikan pos pantau.

Sebelumnya diberitakan, Badan Meteorologi Jepang menyerukan status siaga akan ancaman tsunami, pasca meletusnya erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Minggu (4/12/2022).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com