JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Keren, Alumni SMKN 2 Ponorogo go to Japan

Jepang
Sejumlah alumni SMKN 2 Ponorogo go to Japan. Dok. SMKN 2 Ponorogo

PONOROGO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabar menggembirakan datang dari dunia pendidikan sekaligus dunia kerja Ponorogo Jatim. Sebanyak delapan alumni SMKN 2 Ponorogo dari berbagai kompetensi keahlian berangkat terbang ke Jepang.

Mereka bekerja di sejumlah perusahaan di Jepang dengan masa kontrak 3 tahun. Ada yang bekerja di pengolahan makanan, garment, dan perkebunan.

Ketua BKK SMK Negeri 2 Ponorogo Jayadi mengatakan pihaknya bekerjasama dengan LKP KAKEHASHI ACADEMY dalam pelaksanaan kelas persiapan bahasa Jepang dan pengenalan budaya Jepang, kepada calon siswa magang Jepang. Ia menyebut, program magang ke Jepang bekerja sama dengan LKP KAKEHASHI ACADEMY ini merupakan pilot project yang dilaksanakan tahun ini.

Baca Juga :  Soroti Kebijakan Pengembangan Potensi Daerah di Indonesia, Prof Winarti Dikukuhkan Jadi Guru Besar Unisri Solo

“Ini merupakan bentuk kerja sama untuk kerja ke Jepang, dari siswa kelas XII bertalenta yang memiliki semangat kerja dan berminat kita seleksi kemudian akan mengikuti pendidikan bahasa dan budaya Jepang selama beberapa bulan, di luar jam belajar sekolah,” ujarnya.

Terkait kurikulum dan dukungan bengkel, Jayadi mengatakan SMKN 2 Ponorogo Jawa Timur sudah berstandar industri. Hal itu dibuktikan dengan adanya beberapa kelas industri dari berbagai perusahaan nasional ditambahkan lagi SMKN 2 Ponorogo merupakan sekolah Pusat Keunggulan.

Baca Juga :  Soroti Kebijakan Pengembangan Potensi Daerah di Indonesia, Prof Winarti Dikukuhkan Jadi Guru Besar Unisri Solo

Selain itu, budaya Industri kerja “Jepang” pun teah diterapkan di SMK Negeri 2 Ponorogo. Dengan implementasi budayakan 5K : Ketelitian (Seiri), Kerapihan (Seiton), Kebersihan (Seiso), Kesegaran (Seiketsu) dan Kedisiplinan (Shitsuke).

Sementara menurut Kepala SMKN 2 Ponorogo Farida Hanim Handayani, keberangkatan ke Jepang ini merupakan gelombang ke-2. Insya Alloh akan menyusul gelombang berikutnya sejumlah siswa yang dinyatakan lolos seleksi ke Jepang lebih dari 13 anak.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com