JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Konflik Penyerangan di Keraton Solo Berujung Penganiayaan, Polisi Sisir Semua Abdi Dalem

Ilustrasi konflik Keraton Solo diwarnai penodongan senjata. Foto kolase/JSnews
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Satreskrim Polresta Solo melakukan penyelidikan terkait konflik yang berujung penganiayaan di Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo, Jumat (23/12/2022) malam.

Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi memaparkan, pihaknya menyelidiki terkait dengan kasus yang perselisihan yang terjadi.

“Karena saya terima laporan bahwa saat saya ada laporan ada keributan. Antara siapa dengan siapa kami juga belum paham. Perkara dugaan kami tidak menyampaikan motifnya. Karena kami di dalam hanya memastikan,” kata Iwan, Sabtu (24/12/2022).

Baca Juga :  Saling Sindir, Disebut Hasto Selalu Berbohong, Gibran: Pak Hasto Bahasanya Selalu Meresahkan

 

Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi / Foto: Prihatsari

Iwan juga mengimbau agar dua kubu yang ada di Keraton Kasunanan yakni Kubu Sinuwun Paku Buwono XIII dan Kubu Lembaga Dewan Adat (LDA) agar menyelesaikan permasalahan yang ada dengan cara kekeluargaan.

“Yang ada di Keraton ini adalah kerabat, kalau ada hal yang kurang terjalin komunikasi kami sampaikan menurut silsilah keraton, untuk saling bicara diselesaikan secara kekeluargaan,” tegasnya.

Di sisi lain, mantan Kapolres Sukoharjo itu memastikan bahwa kondisi Keraton Kasunanan Surakarta dalam keadaan kondusif pasca penyerangan.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

“Kami cek di dampingi abdi dalem keraton dari mulai keputren, semuanya kami sisir baik-baik saja. Dipastikan Sinuwun di dalam kondisi aman,” ujar dia.

Namun demikian, beberapa petugas keamanan dari satuan brimob masih disiagakan di depan kawasan Kamandungan Keraton Kasunanan.

“Saat ini keraton baik baik saja. Penempatan petugas di sini adalah untuk mengantisipasi adanya kekhawatiran dari abdi dalem keraton adanya pihak yang mengganggu,” jelasnya. (Prabowo)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com