JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pemerintah Bangun 420 Rumah Sakit Pendidikan, Sejumlah Universitas Dilibatkan

Bupati Joko Sutopo berbincang dengan salah satu pasien RSUD SMS Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan berencana membangun 420 rumah sakit pendidikan.

Untuk mewujudkan rumah sakit pendidikan itu sejumlah universitas dilibatkan.

Wamenkes Dante Saksono Harbuwono menyebutkan Kementerian Kesehatan bertekad mempercepat pemenuhan dokter, dokter gigi dan spesialis guna memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di seluruh fasyankes di Indonesia.

”Seperti yang kita tahu, banyak fasilitas pelayanan kesehatan yang masih kekurangan tenaga kesehatan, dibutuhkan waktu sekitar 7-36 tahun untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis di jejaring layanan rujukan,” kata Wamenkes Dante Saksono Harbuwono melansir kemkes.go.id, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga :  Seluruh Jateng Diguyur Hujan, Simak di Prakiraan Cuaca Jateng Sabtu 28 Januari 2023

Wamenkes Dante Saksono Harbuwono menjelaskan, upaya akselerasi dilakukan dengan menambah kuota dan jumlah prodi di fakultas kedokteran. Di samping itu melakukan program pengampuan rumah sakit pendidikan terhadap RS lainnya.

Skema ini disebut juga dengan Academic-Based Health System (AHS). Dimana RS didorong agar tidak hanya berperan dalam memberikan pelayanan kesehatan, tetapi juga dalam bidang pendidikan dan penelitian.

”Nantinya akan kita bentuk sistem RS online untuk meningkatkan sistem integrasi dan interoperabilitas antarrumah sakit, sehingga rumah sakit pendidikan yang sudah ada bisa mengampu RS lainnya,” ujar Wamenkes Dante Saksono Harbuwono.

Baca Juga :  Catat! Daftar Kabupaten di Jateng Berpotensi Hujan Lebat Sesuai Prakiraan Cuaca Jateng Jumat 3 Februari 2023

Di Indonesia sendiri, program AHS telah dilaksanakan sejak 2010 oleh Universitas Indonesia. Kala itu, fakultas kedokteran UI diintegrasikan dengan RSUPN Cipto Mangunkusumo untuk memberikan layanan kesehatan juga meningkatkan produksi tenaga kesehatan yang berkualitas dan bermutu.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com