JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Sebelas Anjing Ras K9 Turut Amankan Ngunduh Mantu Presiden Jokowi di Solo

Pengamanan acara ngunduh mantu Presiden Jokowi melibatkan 11 anjing ras K9 / Foto: Prihatsari
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM ย  Polda Jateng menerjunkan 11 anjing ras K9 untuk turut mengamankan acara Ngunduh Mantu pernikahan Kaesang Pangarep- Erina Gudono.

Anjing jenis belgian malitnoise dan golden retriever tersebut dikerahkan untuk melaksanakan tugas sterilisasi dan deteksi bahan peledak selama prosesi Ngunduh Mantu berlangsung, Minggu (11/12/2022).

Kasubsatgas Satwa pengamanan kegiatan, Kompol Tourakhman, mengatakan anjing-anjing berkualifikasi pelacak itu didatangkan dari Ditsamapta Polda Jateng dan delapan polres jajaran lainnya.

“Disamping dari K-9 Ditsamapta Polda, satwa yang dilibatkan berasal dari sejumlah Polres seperti polres Kendal, Polresta Surakarta serta beberapa Polres di wilayah Soloraya,” ujarnya, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga :  Boneka Jokowi Dibakar Pendemo di Kota Solo, Tuntut Pemakzulan Presiden

Tourakhman menegaskan, anjing-anjing tersebut telah terlatih dan akan ditempatkan di tiga titik strategis yakni tempat start kirab di Loji Gandrung, sepanjang rute kirab, serta lokasi tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

“Ada 26 personel Polri dan 11 ekor anjing ras yang ditugaskan di subsatgas satwa ini. Mereka disebar di tiga titik, yaitu Loji Gandrung, perlintasan kirab dan Pura Mangkunegaran. Namun yang terbanyak ditempatkan di sepanjang perlintasan kirab yaitu enam ekor anjing,” imbuhnya.

Baca Juga :  Unik,ย  Puluhan Cosplayer Bagi-bagi Takjil Diย  Jalan Gatot Subroto

Nantinya, lanjut Tourakhman, tugas pokoknm anjing akan melakukan pelacakan, fokus pada sterilisasi bahan peledak di sekitar lokasi kegiatan.

“Sterilisasi merupakan prosedur rutin yang dilakukan Polri dalam mengamankan suatu kegiatan penting. Masyarakat diharapkan tidak perlu takut akan kehadiran anjing-anjing dari unit K-9 Polri di lapangan. Dan nereka cukup familiar serta berpengalaman. Meski begitu, mereka sangat awas dan teruji dalam menjejak bahan peledak di suatu lokasi,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com