JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jayapura Masih Diguncang Gempa Susulan Hingga 600 Kali

Ilustrasi gempa. Pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Gempa bumi yang melanda Jayapura, Papua dengan Magnitudo 5,4 pada Senin (2/1/2023) lalu ternyata masih terus berlanjut dengan gempa-gempa susulan.

Hasil pengamatan BMKG menunjukkan, hingga hingga Kamis (12/1/2023) pagi ini, pukul 06.00 waktu setempat telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 644 kali.

“52 kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat,” kata BMKG lewat akun media sosial.

Pada peta yang diperlihatkan, pusat gempa susulan mayoritas berada di laut. Jika dilihat dari grafiknya, sejak terjadi gempa utama, masih belum terpantau tanda-tanda tren ataupun frekuensi menurun.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Panggil Raja Juli Antoni PSI ke Istana, Manuver Apa Lagi untuk Partai Sang Anak?

Masih di Papua, namun berbeda lokasi, pada Rabu (11/1/2023), pukul 14.59 WIB juga terjadi gempa magnitudo 4,9. Pusatnya berada di darat, di wilayah Kirihi, Waropen. Kedalaman pusat gempanya itu 62 kilometer.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi dalam lempeng Papua.

Baca Juga :  Terjadi Penggelembungan Suara di TPS Depok, Paslon 02 Kelebihan 500 Suara!

Dampak guncangannya terkuat dirasakan di Nabire, Papua Tengah, yakni pada skala III MMI atau bisa dirasakan nyata di dalam rumah seakan ada truk melintas.

Gempa Maluku

Adapun gempa terkini yang bisa dirasakan, menurut data BMKG, terjadi di Sukabumi, Jawa Barat, dan Molu Maru, Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Yang pertama terjadi pada Rabu pukul 15.48 WIB dan yang di Tanimbar pada Rabu pukul 18.53 WIB atau 20.53 waktu setempat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com