JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi ke Pasar Tanah Abang Tanpa Masker Dipertanyakan,  Ini Penjelasan Menkes

Presiden Joko Widodo mengunjungi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (2/1/ 2023) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak mengenakan masker saat berkunjung ke Pasar Tanah Abang, memunculkan pertanyaan dari berbagai pihak.

Saat itu, Jokowi masuk ke Pasar Tanah Abang, tepatnya di Blok A yang tertutup. Setelah berkeliling di dalam Blok A, Jokowi menemui warga yang menunggunya di luar Gedung Blok A, di pinggir jalan yang terbuka.
Padahal sebelumnya, Jokowi menganjurkan masyarakat tetap memakai masker di keramaian.

“Kembali lagi, itu bapak Presiden menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat, kesadaran masyarakat itu penting, dia (Jokowi) mungkin merasa dia sehat,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin merespons hal tersebut di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/1/2022).

Baca Juga :  Jokowi Targetkan Angka Stunting Tahun 2024 Turun ke Angka 14 Persen

Diketahui, sebelumnya Jokowi telah mencabut  kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang resmi menghapus aturan pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat.  Tapi, Presiden Jokowi meminta protokol kesehatan tetap diterapkan.

“Pemakaian masker di keramaian dan ruang tertutup harus tetap dilanjutkan,” kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/12/2022).
Pengumuman PPKM itu disampaikan Jokowi bersama Budi dan  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Kesadaran vaksinasi harus terus digalakkan karena ini akan membantu meningkatkan imunitas.”

Hanya saja, Budi tak ikut Jokowi ke pasar, sehingga mengaku tak mengetahui apakah kondisinya terbuka atau tertutup.

Baca Juga :  Perteman Jokowi dan Surya Paloh di Istana, Pengamat: Kemungkinan Isu Reshuffle dan Anies yang Jadi Materi Bahasan

“Kalau itu terbuka beliau merasa aman ya aman-aman saja. Gitu ya. Tapi memang saya sih kalau di kerumunan, ruang tertutup kalau ada orang batuk itu kan ya saya anjurkan (memakai masker),” kata dia.

Di sisi lain, kebingungan juga masih ada di masyarakat. Apakah masih wajib memakai masker atau tidak. Merespons hal tersebut, Budi menyebut pemerintah tetap menganjurkan pemakaian masker di ruangan tertutup dan sempit.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com