JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Makanan dan Minuman ini Baik bagi Penderita Tekanan Darah Rendah

Ilustrasi alat pengukur tekanan darah. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Tekanan darah normal berada pada angka 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg. Apabila tekanan darang sesorang berada di atas angka itu berarti sedang mengalami tekanan darah tinggi.

Begitu pula jika tekanan darah seseorang berada di bawah angka itu artinya seseorang sedang mengalami tekanan darah rendah.

Lantas apa tanda-tanda seseorang sedang mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah?

Mengutip Penn Medicine, tekanan darah rendah membuat jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya kekurangan darah. Ini sering ditandai dengan penglihatan kabur, kebingungan, pusing, mual, kelemahan, muntah kantuk, sampai pingsan.

Berikut beberapa makanan dan minuman untuk menaikkan tekanan darah secara alami:

1. Konsumsi Air Putih

Mengutip Mayoclinic, tekanan darah rendah dapat disebabkan tubuh dehidrasi. Untuk itu minum banyak cairan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Kebanyakan dokter menyarankan minum setidaknya dua liter (kira-kira delapan gelas) air putih setiap hari. Asupan air putih dapat ditingkatkan ketika cuaca panas atau saat berolahraga.

2. Makan Makanan Asin

Makanan tinggi kandungan garam dapat meningkatkan tekanan darah secara alami. Sumber garam yang baik antara lain buah zaitun, keju cottage, dan sup tuna. Untuk lebih mudahnya, cukup menambahkan garam laut ke makanan yang dikonsumsi.

3. Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi dan teh dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung sementara. Tetapi efek ini bisa berbeda pada setiap orang. Mereka yang mengalami tekanan darah rendah dan kecanduan kopi mungkin tidak merasakan efeknya.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

4. Vitamin B12

Mengutip Manhattan Cardiology, kekurangan asupan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia yang menurunkan tekanan darah. Karena vitamin B12 membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang sehat.

Pada gilirannya, kekurangan vitamin B12 juga dapat mengakibatkan pendarahan berlebihan, kerusakan organ, dan saraf. Makanan yang kaya vitamin B12 antara lain telur, ayam, ikan seperti salmon dan tuna.

5. Asupan Folat

Folat juga dikenal sebagai vitamin B9, vitamin esensial lain yang ditemukan dalam makanan. Contohnya asparagus, brokoli, hati, dan polong-polongan seperti lentil dan buncis. Kekurangan folat dapat memicu anemia yang menyebabkan penurunan tekanan darah.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com