JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pidato HUT ke-50 PDIP, Megawati Usul ke Mas Menteri Nadiem Agar Bahasa Daerah Dipertahankan

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri saat berpidato dalam peringatan HUT ke-50 / tangkapan layar kanal youtube PDIP
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri sempat mengusulkan kepada Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim untuk mempertahankan bahasa daerah di tanah air.

Usulan itu ia sampaikan saat dirinya menyampaikan pidato pada HUT ke-50 PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023).

Megawati bercerita, dari informasi yang diperolehnya, anak-anak di beberapa kota di Indonesia lebih fasih berbahasa asing, namun  tidak fasih berbahasa daerah.

Baca Juga :  Polemik RUU Penyiaran, Menkominfo Minta DPR Tak Bungkam Kebebasan Pers!

“Bukan enggak boleh, nanti saya di-bully! Ibu Mega kurang apa kurang pinter. Tapi mesti harus tahu juga dong Bahasa Indonesia yang fasih, juga basa daerah jangan sampai dilupakan,” kata Megawati dalam pidatonya.

Usai bicara mengenai kondisi bahasa daerah yang cenderung “terlupakan”, Megawati kemudian mengusulkan kepada Mas Menteri Nadiem yang kebetulan juga hadir di acara tersebut.

Baca Juga :  Dua Kali Sandra Dewi Diperiksa, Pakar Hukum:  Berpotensi Terjerat Dugaan TPPU Pasif

“Pak Nadiem, mbok ya selain speak English gitu, gimana caranya bahasa daerah tetap dipertahankan,” ujarnya.

Presiden ke-5 RI itu  juga meminta segera dicarikan kembali literaturnya agar berbagai bahasa daerah tetap terjaga. Dia pun berpesan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim yang hadir di acara tersebut menjawab keresahannya soal kepunahan bahasa daerah tersebut. Novida Rahmawati

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com