JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Satu-Satunya di Dunia dan Hanya Ada di Sragen, Sriyanto Saputro Berharap Wayang Purba Jadi Ikon Budaya

Pagelaran Wayang Purba di Desa Saren, Kalijambe, Sragen mendapat atensi dari anggota DPRD Jateng Sriyanto Saputro sebagai warisan budaya satu-satunya di dunia dan layak dipatenkan sebagai ikon budaya Bumi Sukowati. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Eksistensi Wayang Purba menjadi sorotan anggota DPRD Jateng, Sriyanto Saputro. Keunikan wayang tersebut yang menjadi satu-satunya di dunia dan hanya ada di Kalijambe, Sragen diharapkan menjadi semangat warga dan pecinta budaya untuk melestarikannya.

Hal itu disampaikan Sriyanto saat hadir menyaksikan pagelaran Wayang Purba di di Dukuh Ngelo, Desa Saren, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Sabtu (21/1/2023) malam.

Ratusan warga antusias menyaksikan pagelaran wayang unik tersebut. Sriyanto yang hadir sebagai tamu kehormatan mendapat sambutan hangat dan berbaur langsung bersama warga menyaksikan hiburan wayang.

Baca Juga :  Puncak Panen Durian Desa Gempolan, Kerjo, Karanganyar Jatuh Bulan Februari, Bisa Pilih Dan Makan Sepuasnya

Ditemui di sela- sela nonton wayang bareng warga Saren, legislator Dapil Jateng IV (Sragen, Karanganyar, Wonogiri) itu mengatakan bahwa kehadirannya nonton wayang adalah salah satu bagian dari silahturahmi bersama warga.

Lebih dari itu, kedatangannya yang punya program Mesem (Mider Saben Minggu) itu juga dalam rangka menyerap aspirasi warga.

“Saya ingin mengangkat wayang purba. Karena wayang purba ini wayang yang unik dan dunia hanya ada di Sragen, bahwa situs manusia purba juga adanya di Sangiran,” kata Sriyanto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Baca Juga :  Sambut Adiwiyata Provinsi, SMPN 1 Sambungmacan Gencarkan Permak Lingkungan. Dari Deklarasi Bebas Sampah hingga Inovasi Beras Kencur

Menurut Sriyanto, dengan dikenalkannya wayang purba ini bisa mempopulerkan dan membawa nama Sragen.

Pagelaran malam tadi sebagai salah satu bentuk mempopulerkan wayang purba dan mengenalkan ke generasi muda.

Anggota DPRD Jateng, Sriyanto Saputro. Foto/Wardoyo

Ia menilai sebagai salah satu warisan budaya, Wayang Purba dengan keunikan dan kekhasannya sangat layak dilestarikan dan diangkat menjadi potensi budaya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com