JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Tak Hanya Super Lezat, Ini Manfaat Durian untuk Kesehatan

ilustrasi durian / pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Buah durian memiliki rasa yang sangat lezat, oleh karenanya buah ini dijuluki rajama buah. Pohon durian dapat tumbuh subur di negara tropis seperti, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Buah berkulit tebal dan runcing ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Saat musim berbuah, berbagai varietas durian banyak dijual di toko moderen hingga lapak di pinggir jalan.

Melansir dari Healthline, ada berbagai varietas buah durian, namun yang paling umum adalah Durio ziberthinus. Biasanya durian memiliki daging buah dengan berbagai macam warna, seperti putih dan kuning, namun ada juga yang berwarna merah dan hijau.

Buah yang dijuluki sebagai raja raja buah ini ternyata mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan kebanyakan buah lainnya. Dalam satu cangkir daging buah durian atau setara dengan 243 gram, bisa mengandung 357 kalori, 13 gram lemak, 66 gram karbohidrat, 9 gram serat, 4 gram protein, 80 persen dari nilai harian vitamin C, dan 38 persen vitamin B6 dari nilai harian.

Selain itu, buah durian juga kaya akan mineral dan zat besi seperti tiamin, mangan, kalium, riboflavin, tembaga, folat, magnesium, dan niacin. Serta senyawa tumbuhan yang sehat seperti antosianuim, karotenoid, polifenol, dan flavonoid yang diantaranya memiliki fungsi sebgai antioksidan.

Di Malaysia, semua bagian dari pohon durian mulai dari daun, kulit, akar, dan buah telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit seperti demam tinggi, penyakit kulit, dan penyakit kuning.

Beragam Manfaat Kesehatan
Bahhkan alam sebuah studi menujukkan bahwa buah durian menawarkan berbagai manfaat kesehatan, di antaraya sebagai berikut:

1. Melawan infeksi

Dikutip dari Healthline, kulit buah durian mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan antiragi.

2. Mengurangi risiko kanker

Durian mengandung antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas pemicu kanker. Dalam sebuah penelitian tabung reaksi, ekstrak buah durian dapat mencegah penyebaran sel kanker payudara. Dan beberapa senyaw yang terkadung dalam buah durian bisa membantu mengurangi kadar klesterol dan risiko aterosklerosis, atau pengerasan pembuluh darah.

3. Menurunkan gula darah dan mengatur tekanan darah

Buah durian memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari kebanyakan buah tropis lainnya, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah lebih sedikit. Selain itu, sumber makanan kalium yang terkadung dalam buah durian dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah

4. Membuat bahagia

Dikutip dari Health plus, buah durian mengandung asam amino triptofan, yang ketika itu dipecah maka akan berubah menjadi serotonin, yaitu sebuah neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk membuat manusia merasa bahagia dan rileks.

5. Membantu tidur lebih nyenyak

Buah durian mengandung triptofan asam amino esensial yang berperan dalam meningkatkan kadar melatonin, di mana hormon ini yang mengontrol sulkus tidur manusia. Semakin tinggi kadar melatonin, maka akan membuat tidur lebih nyenyak.

6. Memerangi pigmentasi dan kerutan kulit

Buah durian kaya akan vitamin C, di mana viamin ini bersifat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebeas dalam tubuh. Sehingga hal ini yang membantu mengurangi munculnya pigmentasi dan kerutan pada kulit.

7. Mendukung kesehatan tulang

Dalam sebuah studi menujukkan kalsium bukan satu-satunya penyumbang dalam menjaga kesehatan tulang, namun zat besi juga berperan dalam meningkatkan kepadatan tulang. Dan dalam buah durian terkandung mineral besi, tembaga, dan potasium. Senyawa ini dapat menjaga kekuatan tulang.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com