JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Demokrat: Pernyataan Mas AHY Soal Dukungan untuk Anies Sudah Resmi dan Sah

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa pendukung sebelum pertemuan tertutup di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat mengungkapkan bahwa dukungan partainya kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (Bacapres) sudah jelas dan sah / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Diminta oleh NasDem untuk mendeklarasikan Anies Baswedan secara resmi dan formal sebagai bakal Capres 2024, Partai Demokrat keukeuh bahwa ucapan dukungan secara lisan dari Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah memililki keabsahan.

Hal itu diungkapkan oleh Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. Ia menegaskan, dukungan partainya kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (Bacapres) sudah jelas dan sah.

“Pernyataan Mas Ketum AHY bahwa Mas Anies Baswedan sebagai Bacapres Partai Demokrat sudah jelas dan tegas merupakan sikap organisasi yang sah. Penyampaian itu sudah merupakan bentuk deklarasi atau pernyataan sikap ke publik,” ujar Kamhar saat dikonfirmasi, Senin (13/2/2023).

Kamhar menuturkan bahwa setiap partai memiliki pilihan cara sendiri mengekspresikan dukungannya kepada capres 2024.

Semuanya memiliki nilai dan keabsahan yang sama keputusannya.

“Jadi pilihan cara yang telah dilakukan NasDem, Demokrat dan PKS yang telah menetapkan Mas Anies Baswedan sebaga Bacapres memiliki nilai dan tingkat keabsahan yang sama. Untuk deklarasi paripurna ketiga partai ini akan dilakukan kemudian setelah ada Bacawapres,” ungkap Kamhar.

Baca Juga :  Pakar: Ekskalasi Konflik Iran-Israel Berpotensi Picu Inflasi

Karena itu, Kamhar meminta NasDem dan PKS untuk segera membentuk sekretariat perubahan hingga menandatangani nota kesepahaman untuk pemenuhan presidential threshold sebesar 20 persen.

“Untuk menuju ke sana sekaligus sebagai tindak lanjut pertemuan tiga Ketum partai maka perlu dibentuk sekretariat perubahan, penandatanganan nota kesepahaman untuk pemenuhan kecukupan 20 persen presidential threshold, komitmen untuk memperjuangkan harapan rakyat akan perubahan dan perbaikan, dan memberikan mandat kepada Bacapres untuk segera menentukan pasangannya,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali meminta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk mendeklarasikan Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) 2024 lewat forum internal partai secara resmi.

Menurutnya, koalisi perubahan yang mendukung Anies Baswedan menjadi capres 2024 sejatinya belum terbentuk karena Demokrat-PKS belum mendeklarasikan diri lewat forum internal partai secara resmi.

Baca Juga :  Masinton Sebut Tak Ada Urgensinya Megawati Temui Presiden Jokowi

“Jadi hari ini saya ingin mengatakan bahwa koalisi Anies Baswedan belum terbentuk. Jadi yang ada hanya pernyataan-pernyataan para ketua umum Partai Demokrat, AHY menyatakan mendukung Anies itu kita tidak tau,” ujar Ahmad Ali saat dikonfirmasi, Sabtu (11/2/2023).

Ali menuturkan bahwa saat ini baru NasDem yang telah memberikan dukungan kepada Anies Baswedan secara resmi yang diputuskan melalui forum Rapimnas Partai NasDem.

Dalam waktu dekat, kata Ali, dirinya mendengar bahwa baru Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang bakal segera menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) untuk mendeklarasikan diri mendukung Anies Baswedan menjadi capres 2024.

“Mekanisme pengambilan mendukung Anies itu lewat apa? itu apakah mekanisme pengambilan keputusan di partai Demokrat itu hanya seperti itu atau dibawa di forum resmi,” ujarnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com