JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Longsor Terjang 3 Rumah dan Timbun Jalan di Talesan Sumber dan Bakalan Purwantoro Wonogiri

Longsor
Upaya pembersihan material longsor di Purwantoro Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah lokasi di Wonogiri dilanda bencana hidrometeorologi berupa tanah longsor.

Di antaranya menerjang 3 desa di Kecamatan Purwantoro Wonogiri. Meliputi Desa Talesan, Sumber, dan Bakalan.

Sedikitnya 3 rumah warga rusak akibat longsor Purwantoro Wonogiri. Selain itu longsor Purwantoro berdampak pada tertimbunnya badan jalan.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah melalui Kasihumas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo didampingi Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono, Rabu (15/2/2023), menerangkan, telah terjadi longsor di Jajar Talesan Purwantoro.

Material longsor menimpa dapur rumah Sardi alamat Dusun Jajar RT 3 RW 4 Des Talesan Kecamatan Purwantoro Wonogiri.

“Karena curah dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Purwantoro mengakibatkan tebing di belakang rumah longsor dan mengenai dapur rumah milik Sardi. Tidak ada korban jiwa. Kerugian materiil Rp10 juta,” ujar Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono.

Baca Juga :  Keren Siswa di Wonogiri ini Dilibatkan dalam Kampanye Larangan Merokok

Selanjutnya ada longsor di Duren Sumber Purwantoro. Di antaranya mengenai rumah Warso dan menimbulkan kerugian hingga Rp50 juta.

Bencana longsor di Duren Sumber Purwantoro juga menerjang dapur rumah Warsito

“Sementara material longsor di Bakalan menutupi badan jalan desa,” jelas Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono.

Sementara Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah menjelaskan sejumlah antisipasi cuaca ekstrim pada musim penghujan.

Baca Juga :  UAH di Wonogiri, Ustad Adi Hidayat Berikan Ceramah di Masjid Agung At Taqwa

“Pastikan kondisi sungai dan drainase berfungsi secara normal. Menjaga kelancaran aliran air dan drainase dari hulu ke hilir. Hindari penebangan pohon,” tandas Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah.

Selain itu meningkatkan kewaspadaan masyarakat di lingkungan kawasan hutan dan perbukitan. Masyarakat selalu mengikuti perkembangan situasi melalui BMKG.

“Jika hujan deras terjadi lebih dari 2 jam masyarakat agar tanggap dan waspada. Aktifkan tim tanggap bencana tingkat komunitas desa maupun kecamatan. Pada saat musim penghujan hindari kawasan aliran sungai, tebing maupun daerah yang rendah atau rawan banjir,” beber Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com