JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pintu Air Waduk Gajah Wonogiri Dibuka, Jangan Beraktivitas di Sekitar Sungai ya Lur

Aktifitas memancing di pintu keluar Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. JSNews. Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Info lur, saat ini pintu air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri dibuka.

Masyarakat kemudian diimbau untuk tidak beraktivitas di sekitar sungai. Lantaran ada volume air besar melimpah ke aliran Bengawan Solo.

Penelusuran media ini, pembukaan pintu air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri adalah hal biasa. Langkah ini kerap dilakukan terutama ketika ketinggian air melebihi ambang normal.

Pun kebijakan melalui pintu air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri dibuka sudah melalui langkah koordinasi dengan beragam pihak. Juga atas pertimbangan matang dan hal hal teknis lainnya.

Baca Juga :  Kenapa Harus Piknik ke Objek Wisata Air di Wonogiri? Listnya Pantai Klothok Nampu hingga Waduk Gajah Mungkur

Kepala Sub Divisi Jasa Air Jasa Tirta III/1 Fendri Ferdian menjelaskan, pintu spillway WGM dibuka mulai pukul 16.15 WIB, pada Selasa (14/2/2023).

Tujuan pintu air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri dibuka adalah menjaga control water level. Hal itu sesuai SOP (standard operational procedure) pengendalian banjir.

Kondisi debit outflow spillway di WGM saat ini plus debit PLTA, total 200 meter kubik per detik.

Baca Juga :  Spirit Sekolah Kuncara, Menggema saat Halalbihalal di Girimarto Wonogiri

“Dibukanya pintu spillway sekaligus memberikan ruang atau tampungan yang cukup pada WGM agar tetap mampu meredam debit besar dari hulu,” ungkap Fendri Ferdian.

Faktor lainnya adalah, terjadi hujan dengan intensitas tinggi dalam jangka waktu lama. Itu menyebabkan kenaikan elevasi WGM cukup tinggi.

Pihaknya mengimbau masyarakat tidak melakukan kegiatan di badan sungai di musim penghujan. Apalagi dengan dibukanya pintu spillway WGM. Sebab, sewaktu-waktu bisa ada kenaikan debit Bengawan Solo. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com