JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

4 Manfaat Bubur Kacang Hijau untuk Anak-anak

Kacang hijau. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kacang hijau telah lama diketahui memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Kacang hijau masuk dalam keluarga kacang-kacangan.

Kacang hijau berasal dari India kemudian menyebar ke Cina dan berbagai wilayah di Asia Tenggara, dikutip dari Healthline.

Tanaman yang telah dibudidayakan sejak zaman kuno ini memiliki rasa yang sedikit manis dan dijual dalam bentuk segar. Kacang hijau sangat serbaguna dan biasanya dimakan dalam salad, sup dan tumisan. Di Indonesia sendiri salah satu olahan populer dari kacang hijau adalah dibuat menjadi bubur kacang hijau.

Biasanya bubur kacang hijau disantap ketika waktu sarapan atau pagi hari. Selain mengenyangkan, bubur kacang hijau juga memiliki manfaat bagi anak-anak.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Sumber protein tinggi

Merujuk www.popmama.com kacang-kacangan memiliki sumber protein tinggi, yang jika dikonsumsi oleh anak bisa memenuhi kebutuhan protein untuk anak. Selain protein, kacang-kacangan juga memiliki sumber asam folat, zinc, besi dan magnesium yang sangat baik. Kacang-kacangan mengandung polifenol yang tinggi, yaitu antioksidan yang melawan peradangan dan membantu menetralkan radikal bebas yang akan merusak sel dan bahkan DNA. Sehingga perlu untuk memberikan asupan kacang hijau ke anak.

Memperkuat sel-sel otak

Asam folat yang terdapat dalam kacang hijau dapat membantu memproduksi sel darah merah. Ini menjadi penting karena dapat memasok nutrisi ke berbagai bagian tubuh anak agar bisa berkembang dengan cepat.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin A yang dibutuhkan anak. Vitamin A membantu meningkatkan kualitas penglihatan, memperkuat kekebalan tubuh, dan merupakan antioksidan. Selain itu kacang hijau juga memiliki vitamin C yang menjaga kekebalan tubuh anak agar terhindar dari penyakit seperti flu dan batuk. Vitamin C juga dapat membantu menjauhkan radikal bebas dari anak karena bisa bertindak sebagai antioksidan.

Membuat anak berenergi dan menyeimbangkan gula darah

Anak-anak sering mengonsumsi makanan yang mengandung tepung putih olahan seperti pasta, kerupuk, dan olahan lainnya. Makanan ini mengandung sedikit serat yang tidak mencukupi untuk anak. Dengan mengonsumsi kacang hijau dapat menyeimbangkan gula darah dan anak tetap memiliki energi yang cukup untuk aktivitasnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com