JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Awas Uang Palsu Gentayangan di Sragen Saat Bulan Romadhon, Berikut Pesan Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama

Pasca penangkapan dua orang pengedar uang palsu dan pemilik upal di wilayah hukum polres Sragen, yakni Supriyanto warga kabupaten Siak, dan Slamet Karianto warga Malang, Jawa Timur, pada beberapa waktu lalu | Huri Yanto / Joglosemarnews.com
Pasca penangkapan dua orang pengedar uang palsu dan pemilik upal di wilayah hukum polres Sragen, yakni Supriyanto warga kabupaten Siak, dan Slamet Karianto warga Malang, Jawa Timur, pada beberapa waktu lalu | Huri Yanto / Joglosemarnews.com
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Pasca penangkapan dua orang pengedar uang palsu dan pemilik upal di wilayah hukum polres Sragen, yakni Supriyanto warga kabupaten Siak, dan Slamet Karianto warga Malang, Jawa Timur, pada beberapa waktu lalu.

Membuat kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama menghimbau pada seluruh masyarakat bumi Sukowati agar semakin waspada dan hati hati akan kejahatan pelaku pengedar uang palsu, ditambah jelang bulan suci romadhon yang tinggal menghitung hari ditakutkan terjadi lagi kasus yang sama, dan para pelaku biasanya menyasar para pedagang pasar.

“Jelang bulan suci romadhon tentunya dinamika kamtibmas juga akan sangat fluktuatif, kita berharap tidak terlalu lonjakan kamtibmas tinggi, tetapi kami punya prediksi, oleh karena itu pengaman yang kami lakukan baik fungsi preventif maupun respensif akan ditingkatkan terus,” kata kapolres Sragen, Jumat (17 /3/2023).

Kapolres Sragen tidak main-main, pihaknya sudah membentuk tim khusus selama bulan suci romadhon, guna menciptakan keamanan bagi warga masyarakat baik saat aktivitas diluar maupun pada saat ibadah sholat tarawih.

Baca Juga :  Breaking News: Kecelakaan Bus Rombongan Ibu Ibu PKK Asal Sragen di Ngargoyoso Karanganyar

“Khususnya untuk reskrim kita akan melakukan patroli patroli kring oleh jajaran Satreskrim dan pak kasat Reskrim untuk meningkatkan dan unit Reskrim di polsek juga semata mata merespon gangguan Kamtibmas yang ada di segala penjuru di wilayah sragen,” jelasnya.

Kapolres Sragen berharap, dengan kerjasama tim dan warga masyarakat akan menjadikan wilayah Sragen aman.

“Kita akan memasuki bulan suci ramadhan dan puasa, maka fokus untuk ibadah dan fokus untuk mendekatkan diri pada allah tidak terganggu dengan aktivitas dan pihak pihak yang akan menciptakan sragen tidak kondusif, tentunya sekali lagi kami membutuhkan peran serta dari masyarakat seluruh komponen bangsa yang ada di sragen bisa menginformasikan pada kami jika ada hal hal yang menganggu keamanan di Sragen,” bebernya.

Sebelumnya, dalam konferensi Pers di mapolres Sragen. Saat dimintai keterangan Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama, tersangka pengedar uang palsu jenis Dolar Amerika, mengaku memperoleh ratusan lembar uang dollar palsu tersebut membeli dari seseorang seharga Rp 15 juta rupiah.

Baca Juga :  Ratusan Warga Tasyakuran Kemenangan Prabowo Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 di Tanon Sragen

Kasus inipun terungkap berkat kejelian Unit Reskrim Polsek Sidoharjo, saat menerima laporan penipuan, yang disertai dengan pembayaran dengan menggunakan mata uang dollar palsu diwilayah Sidoharjo Sragen.

“Dari pendalaman perkara, kemudian kita kesampingkan dulu perkara penipuan yang dilakukan tersangka, dan kita fokuskan kepada peredaran mata uang palsu, yang bila ada nilainya setara dengan 1.3 milliar, “

“barang bukti mata uang dollar palsu tersebut berbentuk 2 bendel mata uang palsu masing-masing 100 US dollar sebanyak 194 lembar, dan 2 bendel mata uang dollar dalam pecahan masing-masing 1 dollar sebanyak 198 lembar, “ tambah Piter.

Akibat perbuatannya, terkait kepemilikan 392 lembar mata uang dollar palsu atau senilai 68.498 dollar tersebut kedua tersangka terancam hukuman sebagaimana dimaksud pasal 245 KUHP, tentang mengedarkan atau menyimpan uang palsu (mata uang dollar).

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com