JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Catat! Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur

Ilustrasi secangkir kopi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Bulan Ramadan sebentar lagi akan datang, umat Islam yang telah dewasa diwajibkan untuk menjalankan ibadan puasa sebulan penuh.

Saat akan menjalankan ibadah puasa seharian, umat Islam dianjurkan untuk untuk memulainya dengan sahur. Sahur adalah merupakan langkah untuk mempersiapkan tenaga sebelum berpuasa seharian.

Supaya puasa tidak terasa berat, Anda harus mengonsumsi menu sahur yang tepat. Dilansir dari laman an-nur.ac.id, berikut makanan dan minuman yang perlu dihindari saat sahur:

1. Gorengan

Makanan berlemak seperti gorengan, daging, keju maupun mentega adalah jenis makanan yang dapat membuat Anda merasa kenyang dan tubuh menjadi kesulitan dalam mencerna makanan tersebut. Konsumsi makanan berlemak tinggi saat sahur dapat membuat tubuh Anda menjadi kekurangan cairan.

Baca Juga :  Viral, Gara-gara Pakai Kaos Sherdadu, Warga Sukodono Sragen Dikeroyok Gerombolan Orang Tak Dikenal (OTK)

2. Makanan Pedas

Makanan pedas boleh saja Anda konsumsi, namun tidak boleh berlebihan sebab makanan terlalu pedas dapat menimbulkan lambung dan usus mengalami iritasi. Konsumsi makanan terlalu pedas bisa membuat Anda mengalami gangguan pencernaan.

3. Makanan Dengan Kadar Gula dan Garam Tinggi

Mengutip dari laman, sehatnegeriku.kemkes.go.id, saat sedang sahur, menu yang dimakan haruslah bergizi seimbang. Anda juga tidak boleh mengonsumsi makanan yang terlalu manis maupun terlalu asin, sebab gula dan garam bersifat menarik cairan tubuh, sehingga Anda akan lebih sering buang air kecil. Bila kebanyakan kencing, Anda akan cepat haus.

Baca Juga :  PBNU Terima Izin Tambang,  FNKSDA: Padahal Dulu Pernah Haramkan Tambang

4. Fast Food

Jenis makanan fast fod memiliki kandungan lemak jenuh dan kalori yang tinggi. Konsumsi fast food juga membuat tubuh Anda selama puasa menjadi kekurangan cairan. Dibanding konsumsi fast food, sebaikanya Anda memperbanyak konsumsi sayur, buah, protein atau lainnya.

5. Minuman Berkafein

Kopi, teh maupun minuman lain yang berkafein dapat membuat tubuh Anda saat berpuasa mengalami dehidrasi dan perut menjadi terasa kembung.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com