JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 2023, PSSI Belum Bisa Pastikan Kejelasan Penyelenggaraan

Exco PSSI Arya Sinulingga dalam konferensi pers perkembangan drawing Piala Dunia U-20 2023 di GBK Arena, Minggu, 26 Maret 2023. Tempo.co/PSSI
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — FIFA telah resmi membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya akan digelar di Bali pada 31 Maret 2023.

Terkait hal itu Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga menjelaskan pihaknya belum bisa memastikan kejelasan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 setelah agenda drawing atau pengundian resmi dibatalkan.

“Soal persentase kegagalan atau keberhasilan (Piala Dunia U-20 2023) kami belum berani berbicara karena dengan dibatalkannya drawing kan berarti sudah ada kemunduran dan sebagainya,” katanya dalam konferensi pers di GBK Arena, Minggu, 26 Maret 2023.

Sebelumnya, FIFA telah resmi membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya akan digelar di Bali pada 31 Maret 2023. Penyebabnya karena penolakan kehadiran timnas Israel dari Gubernur Bali I Wayan Koster.

Arya mengungkapkan saat ini pihaknya sedang berupaya melakukan pendekatan diplomasi dengan FIFA. Namun dia memastikan dari pihak pemerintah tidak ada keinginan mundur.

“Kami belum berani memberi tahu berapa presentase keberhasilannya. Yang pasti, pemerintah masih secara umum tidak ada (keinginan) mundur, belum ada pernyataan resmi,” ujar Arya.

Lebih lanjut, Arya belum bisa memastikan waktu dan lokasi drawing Piala Dunia U-20 2023. Saat ini Ketua Umum PSSI yang sekaligus Ketua LOC Erick Thohir disebutkan sedang berkoordinasi dengan Kementerian Luar negeri dan Kemenpora.

Masalah ini, akan dilaporkan juga kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam upaya mencari solusi untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia agar tidak terkena sanksi FIFA.

“Yang pasti semua opsi akan dibawa oleh pak Erick untuk melakukan diplomasi, bagaimana menyelamatkan Piala Dunia U-20, semua cara akan dipakai, termasuk menyelamatkan Indonesia dari sanksi FIFA,” tutur Arya.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Gubernur Bali dan mereka tetap diposisinya dan kami PSSI menghargai itu,” katanya menambahkan.

Drawing Piala Dunia U-20 2023 rencananya akan digelar di Bali pada 31 Maret 2023. Seluruh tim peserta, termasuk timnas Israel akan hadir di sana untuk menyaksikan secara langsung. Namun dengan penolakan yang ada, agenda tersebut dibatalkan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com