JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Kolang Kaling, Buah Kenyal Kaya Nutrisi, Apa Saja Manfaatnya?

Penjual kolang kaling di pasar tadisional Boyolali sedang melayani pembeli / Foto: Waskita
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kolang kaling merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi saat bulan puasa. Biasanya kolang kaling dikonsumsi sebagai campuran untuk es buah.

Buah berwarna putih bening dan kenyal ini dikenal bisa menghilangkan rasa haus karena mengandung 93 persen air yang dapat mencegah dehidrasi.

Kolang kaling mengandung banyak mineral dan vitamin, sehingga baik bagi mereka yang sedang diet atau menderita diabetes. Buah ini merupakan sumber yang kaya akan vitamin B dan C, zat besi, seng, kalium, kalsium, fosfor, tiamin, dan riboflavin. Berikut manfaat kolang kaling bagi tubuh, dilansir dari medindia.net “Health Benefits of Palmyra Fruit”.

Baik untuk Kulit

Kolang kaling adalah obat rumahan yang sangat baik untuk biang keringat selama musim panas. Lapisan tipis dari kolang kaling yang dioleskan pada area yang terkena biang keringat memiliki efek menenangkan dan segera mengurangi rasa gatal yang terkait dengan biang keringat. Buah ini juga efektif dalam mengurangi gejala cacar air dan meningkatkan laju penyembuhan.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Kolang kaling juga bermanfaat dalam mengobati masalah peradangan kulit seperti kemerahan akibat panas yang menyengat. Kosmetik wajah yang terbuat dari kolang kaling sangat baik untuk kulit bahkan untuk orang yang memiliki kulit sensitif. Ini mencegah biang keringat, bisul dan kemerahan pada wajah. Ramuan atau minuman yang terbuat dari kolang kaling dapat secara efektif mengobati dermatitis. Dapat digunakan dengan aman pada bayi dan anak-anak juga.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Menyembuhkan Masalah Perut

Buah kolang kaling sangat ideal untuk mengobati rasa panas di perut. Selama musim panas, dengan mengonsumsi buah kolang kaling dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini juga mengisi kembali mineral dan nutrisi tubuh yang hilang dan mencegah rasa sakit saat buang air kecil dan kelelahan. Jika digunakan secara efektif kolang kaling juga bisa mengobati masalah pencernaan dan penyakit perut lainnya.

Pilihan Diet Sehat

Buah kolang kaling adalah pilihan yang baik bagi mereka yang sedang diet. Ini juga mencegah kekurangan gizi pada anak-anak dan orang dewasa.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com