JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Meriahnya Upacara Mendhak Tirta di Banyudono Boyolali, Diawali Arak-arakan Empat Gunungan

Upacara Melasti atau Mendak Tirta 1945 Saka di Banyudono, Boyolali pada Minggu (19/3/2023 berlangsung meriah. Ratusan umat Hindu mengikuti acara tersebut. Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Upacara Melasti atau Mendak Tirta 1945 Saka di Banyudono, Boyolali pada Minggu (19/3/2023 berlangsung meriah. Ratusan umat Hindu mengikuti acara tersebut.

Acara diawali arak-arakan umat dari Pura Bhuwana Suci Saraswati di Desa Ngaru-aru, Kecamatan Banyudono menuju Umbul Siti Inggil di Desa Bendan, Banyudono. Mereka betjalan kaki sejauh 2 km dengan membawa bendera serta empat gunungan.

Yaitu, dua gunungan ukuran besar dan dua ukuran kecil. Gunungan berisi hasil bumi, seperti sayur mayur, buah, jajanan dan lainnya.

Baca Juga :  Batman, Superman dan Supergirl Ikut Ramaikan Padusan di Umbul Guyangan Karangduwet Bendan Banyudono Boyolali

Begitu tiba di Umbul Siti Inggil, para jemaah langsung memadati joglo setempat. Kemudian menggelar doa bersama sekitar satu jam.

Baru dilanjutkan prosesi pengambilan air suci untuk dibawa dan dibagikan ke pura-pura. Usai pengambilan air suci, peserta lalu berebut gunungan hasil bumi.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Banyudono, sekaligus Ketua Panitia Mendak Tirta, Heru Kuncoro, menjelaskan, kegiatan ini merupakan upacara pengambilan air suci dari Umbul Siti Inggil.

Baca Juga :  Hindari Penyeberang Jalan, Truk Tangki Pertamina Seruduk Teras Warung dan Hantam Pohon di Bangak Boyolali

Air suci tersebut akan digunakan untuk upacara Tawur Agung dan lainnya. Air suci akan dibagikan ke pura-pura wilayah Banyudono, Boyolali hingga Solo.

“Kami mengambil di sini, karena secara metafisis umbul di sini sebagai sumber mata air yang paling tinggi. Setelah ini, tak ada sumber air lagi,” katanya disela acara.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com