JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

MPK PDM Solo Gelar Baitul Arqam Tiga Cabang Muhammadiyah

Peserta Baitul Arqam dari tiga PCM Kottabarat, Banjarsari, dan Solo Utara sedang mengikuti sesi kegiatan. Foto: Dok
   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MPK PDM) Kota Surakarta menggelar Baitul Arqam untuk tiga Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) pada Sabtu–Minggu (11-12/11/2023).

Kegiatan tersebut diikuti 70 peserta dari PCM Kottabarat, Banjarsari, dan Solo Utara bertempat di SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta.

Menurut Ahmad Sukidi, Ketua Majelis Pendidikan Kader (MPK) PDM Kota Surakarta sesuai dengan tema yang diusung yakni terwujudnya kader yang berintegritas, profesional, dan mencerahkan, kami ingin meneguhkan kader-kader yang akan meneruskan perjuangan Muhammadiyah dan menggerakkan dakwah Islam melalui Muhammadiyah.

“Alhamdulillah MPK PDM Kota Surakarta mengadakan Baitul Arqam yang berlangsung di SMP Muhammadiyah PK Kottabarat. Diikuti tiga cabang yakni PCM Banjarsari, Kottabarat, dan Solo Utara. Terdapat 70 peserta dari tiga cabang yang sudah diserahkan kepada Master of Training (MOT) untuk mengikuti kegiatan selama 24 jam,” ungkapnya.

Baca Juga :  Unik,  Puluhan Cosplayer Bagi-bagi Takjil Di  Jalan Gatot Subroto

Ahmad Sukidi pun berharap melalui kegiatan ini akan terbentuk kader-kader yang akan meneruskan perjuangan Muhammadiyah dan menggerakkan dakwah Islam melalui Muhammadiyah.

“Apresiasi kepada Ketua PCM dan SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta yang telah memberikan pelayanan yang luar biasa. Gurunya ramah-ramah dan sekolahnya rapi bersih sehingga menjadi ikon sekolah-sekolah Muhammadiyah,” tandasnya.

Pembukaan kegiatan Baitul Arqam dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Ketua PDM Kota Surakarta, K.H. Subari serta dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta dan Ketua PCM Kottabarat, Banjarsari, dan Solo Utara.

Dalam sambutannya, Subari berharap kegiatan baitul arqam ini mampu semakin meneguhkan dan memantapkan kader-kader Muhammadiyah menjadi kader yang handal.

“Baitul Arqam sebagai pembekalan dalam meneguhkan pimpinan, pengurus, dan anggota agar lebih bermuhammadiyah dan memahami tentang asas serta tujuan dari Muhammadiyah sehingga terbentuk kader-kader yang handal untuk kelangsungan kehidupan organisasi Muhammadiyah ke depan,” jelasnya.

Baca Juga :  Caleg PDIP Yang Terancam Tidak Dilantik Di Solo Raya Buka Suara, Akan Bawa Ke Upaya Hukum Jika Tetap Tidak Dilantik

Sementara itu, salah satu peserta Baitul Arqam dari PCM Kottabarat, Dedy Siswaka, mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Ia pun mengapresiasi SMP Muhammadiyah PK sebagai tuan rumah yang sudah melayani kebutuhan peserta dengan baik.

“Semoga kegiatan ini mampu menghasilkan kader kader yang terbaik,” harapnya.

Materi Baitul Arqam meliputi pemahaman agama, ideologi Muhammadiyah, dan gerakan dakwah Muhammadiyah. Materi Pemahaman Agama menurut Muhammadiyah disampaikan oleh K.H. Drs. Subari.

Materi Nilai Perjuangan Tokoh Muhammadiyah  oleh K.H. Marpuji Ali, Materi Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam, Dakwah dan Tajdid oleh Ahmad Dahlan Rais. Adapun materi profil kader Muhammadiyah oleh K.H. Ahmad Sukidi.

Kegiatan diawali dengan pretes dan diakhiri dengan postest. Terdapat pula kegiatan sarasehan PCM dan PRM untuk merevitalisasi cabang dan ranting sebagai strategi gerakan dakwah yang berkemajuan.(ASA)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com