JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Perut Kembung Setelah Makan Membuat Tidak Nyaman, Kenapa dan Harus Bagaimana?

Ilustrasi perut kembung. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Perut kembung sering dialami oleh seseorang karena terlalu banyak makan. Perut kembung merupakan proses biologis yang normal dialami setiap orang secara teratur, seperti dikutip dari National Health Service UK.
Perut kembung menyebabkan rasa tidak nyaman.

Kembung adalah kondisi saat perut terasa penuh dan kencang. Kondisi ini disebabkan oleh gas yang terlalu banyak di dalam perut sehingga menimbulkan kram.

Melansir Healthline, penyebab perut kembung adalah gas yang menumpuk di saluran pencernaan ketika seseorang makan dan menelan udara. Setiap orang pasti menelan udara ketika makan. Beberapa orang menelan lebih banyak daripada yang lain, karena makan dan minum terlalu cepat, sering mengunyah permen karet, merokok.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Apakah perut kembung perlu penanganan medis?

Ketika menelan makanan atau minuman juga berkemungkinan udara masuk. Dari udara yang terkumpul itu mengakibatkan perut kembung. Terkadang perut kembung juga bersumber dari gas yang terbentuk ketika mencerna makanan. Gas akan terdorong keluar melalui buang angin atau serdawa.

Perut kembung tersebab menelan banyak udara dari biasanya atau mengonsumsi makanan yang sulit dicerna. Biasanya juga dikaitkan dengan masalah kesehatan mendasar yang mempengaruhi sistem pencernaan.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Tidak ada pedoman yang menentukan frekuensi normal atau volume perut kembung. Tapi, kondisinya akan penting untuk menemui dokter jika perut kembung sangat mengganggu. Apa saja?

1. Nyeri perut dan kembung yang terus-menerus

2. Diare

3. Penurunan berat badan

4. Tak mampu menahan buang air besar

5. Darah di feses

6. Tanda-tanda infeksi, seperti suhu tinggi, muntah, menggigil, nyeri sendi dan otot.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com