JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Aksi Untung Wibowo Sukowati Anggota DPRD Jateng Ajak Ribuan Orang di Sragen Untuk Mempertahankan Kesenian Tradisional

Untung Wibowo Sukowati Anggota DPRD Jawa Tengah Memberikan Semangat pada ribuan orang yang hadir dalam acara kesenian Reog | Huriyanto
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Meskipun jaman semakin maju dan berkembang, sejumlah kesenian tradisional mulai dilupakan, namun hal itu tidak menyurutkan sosok anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Untung Wibowo Sukowati dari fraksi partai PDI Perjuangan, untuk terus mengingatkan dan mengajak masyarakat agar terus menjaga dan merawat warisan tradisi dan kesenian dari nenek moyang.

Melalui acara Sosialisasi kebijakan melalui media tradisional dengan mengusung tema “Melestarikan Budaya Jawa Tengah” yang digelar di lapangan Bendungan, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen, mas Bowo nama panggilannya meminta semua masyarakat terus mempertahankan kesenian tradisional. Dengan begitu, kaum muda bisa ikut mengenal dengan baik kesenian di daerahnya.

Ribuan orang menyambut kedatangan Untung Wibowo Sukowati saat menghadiri acara Sosialisasi Kebijakan melalui media tradisional | Huriyanto

“Dengan ini saya berharap masyarakat dan para awak media bisa ikut membantu mengenalkan dan melestarikan kesenian tradsional yang ada ini, karena ini adalah warisan dari nenek moyang, mari kita jaga dan rawat serta melestarikan,” kata mas Bowo dalam sambutannya, Jumat (26/5/2023) siang.

Baca Juga :  Kronologi Kecelakaan Bus Rombongan PKK Asal Sidoharjo Sragen di Ngargoyoso Karanganyar, Ini Kata Camat !

Tidak hanya itu, mas Bowo juga menyampaikan bahwa kebudayan merupakan acara yang dinamis dan selektif. Selain itu kebudayaan berfungsi untuk mengatur manusia dalam bertingkah laku, menjaga dengan baik kebudayaan lokal sebagai upaya untuk mempertahankan identitas bangsa, menjaga kerukunan berbangsa dan bernegara.

“Seni budaya merupakan hal penting bagi kehidupan masa depan berbangsa dan bernegara, generasi penerus serta dapat memupuk rasa nasionalisme. Jangan mudah terpengaruh dan tidak mudah untuk di masuki oleh budaya asing,” jelasnya.

Untung Wibowo Sukowati Anggota DPRD Jawa Tengah Didampingi Caleg DPRD Sragen Wiwid Widyastuti | Huriyanto

Selain itu, menurut mas Bowo bahwa di Jawa Tengah begitu banyak warisan budaya yang mendunia di antaranya Angklung, Wayang Kulit, Batik, Reog, Seni Ukir, Seni Grabah dan masih banyak lagi kesenian yang perlu dijaga dan dipertahankan.

Baca Juga :  Demam Dukungan Sudaryono Maju Pilgub Jateng Terus Mengalir, Siap Menangkan Orang Dekat Presiden Terpilih Prabowo Subianto

“Mari jaga, lestarikan dan pertahankan, serta kita tingkatkan agar tidak hilang di era modern dan era global seperti saat ini,” terangnya.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari partai PDI-P itupun juga berharap melalui seni dapat menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara, dan dapat meningkatkan perekonomian seniman dan seniwati yang ada di Bumi Sukowati pada khususnya.

Untung Wibowo Sukowati Anggota DPRD Jawa Tengah Fraksi PDI Perjuangan Ditemani Wiwit Widyastuti Caleg DPRD Sragen Dapil Sragen VI (Karangmalang, Ngrampal, Kedawung) | Huriyanto

“Setiap seni pasti mempunyai kebudayaan yang khas, begitupun sebaliknya setiap kebudayaan pasti memiliki nilai seni yang begitu indah dan tak ternilai harganya,” bebernya.

Untuk itu, pihaknya pun kembali mengajak masyarakat, dengan mempelajari seni dan budaya akan dapat memupuk rasa nasionalisme, anak bangsa dan kecintaan terhadap Indonesia.

“Dengan mengetahui berbagai macam jenis jenis budaya dimasa lalu dan agar dapat melestarikannya di masa mendatang,” ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com