JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Catat! Sederet Makanan dan Minuman Ini Dapat Meningkatkan Bau Badan

Ilustrasi deodoran. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Bau badan pada seseorang kadang akan menimbulkan berkurangnya rasa percaya diri. Bau badan terjadi lantaran bakteri yang hidup di kulit memecah keringat menjadi asam. Percampuran keduanya menghasilkan senyawa penyebab bau badan.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan bau badan. Di antaranya adalah tidak menjaga kebersihan, mencuci pakaian dengan tidak benar, kondisi medis tertentu, dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Selain itu, bau badan juga bisa dipengaruhi oleh makanan.

Berikut ini empat makanan yang bisa meningkatkan bau badan:

1. Bawang

Mengutip Health, makan bawang dapat meningkatkan bau badan karena mengandung senyawa belerang. Senyawa ini mudah menguap dan memiliki dampak bau yang tinggi pada tubuh.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

2. Sayur Silangan

Kubis, bok choy, brokoli, dan kubis brussel termasuk jenis sayuran silangan. Mereka mengandung senyawa belerang yang berkontribusi pada bau badan.

Biasanya sayur silangan menyebabkan bau melalui napas, keringat, dan perut kembung. Namun, di balik kekurangannya, sayur silang kaya akan serat, beta-karoten, vitamin C, E, K, dan folat.

3. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan bau pada napas dan kulit. Alkohol dimetabolisme di hati dan dipecah menjadi asetaldehida. Asetaldehida kemudian mengalir melalui paru-paru ke dalam napas dan pori-pori kulit.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

4. Asparagus

Mengutip Well and Good, asparagus mungkin tidak meningkatkan bau badan, tetapi meningkatkan bau urine. Asparagus mengandung senyawa asam asparagusic yang bersifat diuretik alami.

Diuretik alami mendukung fungsi ginjal dan kandung kemih. Ini membantu mencerna dan memecah senyawa sulfur yang membuat urin menjadi berbau.

Ditemukan pula senyawa methanethiol dan S-methyl thioester pada asparagus. Saat melewati pencernaan, ini memberikan bau asparagus bercampur belerang pada urin.

Selain yang telah disebutkan, rempah-rempah berbau kuat dan daging merah juga berpotensi menyebabkan bau badan. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk kedua jenis makanan ini.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com