JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Heboh Isu MK Bakal Putuskan Sistem Proporsional Tertutup, Jubir MK: Dibahas Saja Belum

Juru bicara MK soal sistem proporsional tertutup
Juru bicara Mahkamah Konstitusi Fajar Laksono berbicara pada wartawan di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (24/6/2019) / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Pakar hukum Denny Indrayana mengaku telah mendapatkan informasi dari sumber terpercaya bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) bakal memutuskan Pemilu 2024 menggunakan sistem proporsional tertutup.

Meski demikian, pihak MK sendiri meyakini tidak ada kebocoran terkait putusan gugatan sistem proporsional tertutup Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Karena itu, MK menyatakan belum mengambil langkah apa pun untuk menyelidiki kebocoranย  itu.

โ€œSampai sejauh ini kami tidak mengambil langkah apa-apa,โ€ kata Juru bicara MK Fajar Laksono di kantornya, Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Fajar mengatakan MK memiliki keyakinan tidak ada kebocoran karena putusan terkait sistem proporsional tertutup itu memang belum diambil.

Baca Juga :  Putusan Sengketa Pilpres 2024, Tinggal Menunggu Hati Nurani dan Keberanian MK

Dia mengatakan saat ini tahapan pemeriksaan gugatan itu baru sampai pada tahapan penyerahan kesimpulan dari pihak terkait.

Setelah kesimpulan itu dikumpulkan, barulah majelis hakim akan melakukan Rapat Permusyawarahan Hakim untuk mengambil keputusan.

โ€œMemang tidak ada yang bocor, dibahas saja belum,โ€ kata Fajar.

Fajar mengatakan keputusan MK untuk tidak melakukan penyelidikan juga didasarkan atas keterangan Denny Indrayana.

Denny adalah pakar hukum yang pertama kali mengaku mendapatkan informasi mengenai putusan MK. Dia mengatakan MK akan memutuskan bahwa pemilu akan kembali ke sistem proporsional tertutup.

Baca Juga :  Dituduh Catut Nama Dosen Malaysia, Ini Bantahan Dekan UNAS

Denny mengatakan mendapatkan informasi bahwa ada 6 hakim yang mengabulkan gugatan terkait sistem pemilu itu.

Sementara 3 hakim lainnya menyatakan dissenting opinion. Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM itu menyatakan mendapatkan informasi dari orang yang dia percaya kredibilitasnya. Dia mengatakan orang tersebut bukanlah dari pihak MK.

Dari pernyataan Denny itu, Fajar mengatakan MK juga meyakini bahwa tidak ada orang dalam MK yang melakukan pembocoran informasi.

โ€œKalau dilihat perkembangannya yang bersangkutan sudah mengklarifikasi ya, artinya tidak ada orang dalam terlibat,โ€ kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com