JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Selenggarakan Pelatihan Fotografi Produk, Prodi D3 DKV SV UNS Kunjungi Desa Pentur

Pelaku UMKM di Boyolali tengah mendapatkan pendampingan dari Prodi D3 DKV Sekolah Vokasi ย Universitas Sebelas Maret (UNS)ย  Surakarta, Rabu (24/5/2023) / Istimewa
ย ย ย 

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Prodi D3 DKV Sekolah Vokasi ย Universitas Sebelas Maret (UNS)ย  Surakarta bekerjasama dengan Yayasan Tumpi Indonesiaย  menyelenggarakan pelatihan fotografi produk dan manajemen pemasaran digital di Rumah Baca Tumpi, Desa Pentur, Simo, Boyolali, Rabu (24/5/23) siang.

Pelatihan tersebut merupakan program pengabdian masyarakat Prodi D3 DKV Sekolah Vokasiย  UNSย  yang akan berlangsung dua sesi.

Sesi pertamaย  dilaksanakan Rabu (24/5/2023)ย  dan sesi berikutnya akan diselenggarakan pada bulan Juni mendatang.

“Acara ini bertujuan membantu para pelaku UMKM di Desa Pentur dalam meningkatkan penjualan produknya khususnya diย  era digital saat ini,”ย  ujar Pembina Yayasan Tumpi Indonesia, Joko Narimo melalui rilisnya ke Joglosemarnews.

Dijelaskan,ย  kegiatan pengabdian masyarakat tersebut sesi pertama berbentuk pelatihan fotografi produk. Sedangkan sesi kedua akan banyak mengulas tentang manajemen pemasaran digital.

Pelatihan pada sesi pertama dibatasi hanya untukย  10 pelaku UMKM yang fokus pada produk kuliner dan kerajinan.

Adapun pemateri workshop adalah praktisi fotografi, Galih S. Suherman, S.Sn yang didampingi oleh beberapa dosen Prodi D3 DKV UNS yang terhimpun dalam riset group P2M DKV Media Interaktif.

Pembina Yayasan Tumpi Indonesia, Joko Narimo mengatakan, pelatihan yang diselenggarakan di Rumah Baca tumpi ini adalah rangkaian panjang dalam menyambut acara Bersih Desa di Desa Pentur yang akan diselenggarakan pada 27 Agustus 2023 mendatang.

โ€œRencana program pelatihan memang harapannya tidak hanya berhenti selesai di acara pelatihan saja, namun harus berkesinambungan dan ada aksi nyata yang dihasilkan. Selain kawan-kawan UMKM bisa optimal di jualan online, pada akhir bulan Agustus nanti kita akan bikin bazar UMKM di acara bersih desa,” kata Joko Narimo.

Koordinator acara sekaligus dosen Prodi D3 DKV UNS, Dedy Eka Timbul Prayoga, S.Sn., M.Sn. menyatakan,ย  pengabdian masyarakat tersebut selain salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga bertujuan membantu masyarakat Desa dalam beberapa aktifitas pengembangan usahanya.

Ia mengatakan, secara umum kegiatan itu dirancang untukย  memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat di sekitar perguruan tinggi di Indonesia, khususnya dalam pengembangan kesejahteraan dan kemajuanย  Bangsa Indonesia.

โ€œKehadiran Program Studi D3 DKV SV UNS diharapkanย  dapat turut membantu menyelesaikan berbagai masalah dalam pengembangan UMKM yang ada di Desa Pentur. Selain itu, agar dapat meningkatkan income masyarakat dengan menggunakan unsur penunjang akademisi melalui penyusunan jurnal terindeks nasional dan publikasi,โ€ kata Dedy.

Sementara itu,ย  dalam sambutannya, Hermansyah Muttaqin, S.Sn., M.Sn selaku Kaprodi D3 DKV UNS menyatakan, bahwa ke depan program-program pemberdayaan bisa dilanjutkan dengan program dan bentuk kerja sama lainnya.

โ€œKegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat yang terkait dengan Prodi D3 DKV UNS bisa dilanjutkan, ย nantinya bentuk kerjasama bisa dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa bersama Tumpi,” tutur Hermansyah.

Tumpi merupakan rumah baca yang terletak di Desa Pentur, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Rumah Baca Tumpi dirintis pada tahun 2012 lalu sebagai ruang publik, ruang literasi dan ruang kreatif.

Selain menyediakan akses baca ke masyarakat, di tempat ini juga sering diselenggarakan berbagai kegiatan kesenian, pelatihan dan program pemberdayaan masyarakat lainnya. Rumah baca ini melembaga menjadi Yayasan Tumpi Indonesia sejak tahun 2017 silam. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com