JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Bukan di Pagi Hari, Ini Waktu Tepat Minum Kipi Menurut Ahli

secangkir kopi hitam
Ilustrsai secangkir kopi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pada umumnya para pecinta kopi menganggap bahwa kopi bebas diminum setiap saat sepanjang hari. Berbeda dengan para ahli, mereka menyarankan bahwa ada waktu yang ideal untuk menikmati kopi agar manfaat kafein dapat dirasakan secara maksimal.

Jika demikian, lantas kapan waktu yang tepat minum kopi menurut para ahli?

Melansir dari Martha Stewart, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum secangkir kopi di pagi hari merupakan waktu terbaik.

Tetapi para ahli menyarankan agar Anda minum kopi sekitar 30 menit sebelum melakukan tugas penting, seperti ujian, presentasi, atau pertemuan penting.

Semakin dekat waktu konsumsi, semakin waspada dan fokus yang akan Anda rasakan. Bagi mereka yang sensitif terhadap kafein, sebaiknya membatasi konsumsi kopi pada pagi hari untuk menghindari gangguan tidur, kecemasan, detak jantung yang cepat, dan gejala lain yang disebabkan oleh kelebihan kafein.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Namun, disarankan agar Anda mencoba minum kopi pada berbagai waktu dalam sehari untuk menentukan waktu yang paling cocok bagi produktivitas dan alur kerja Anda. Perhatikan juga apakah minum kopi pada waktu yang lebih terlambat dalam sehari, seperti setelah makan malam atau sebelum tidur, memiliki efek negatif pada Anda.

Penelitian ilmiah juga mengungkapkan bahwa secara biologis tingkat hormon kortisol dalam tubuh mencapai puncaknya pada periode waktu khusus, yaitu antara pukul 8-9 pagi, 12-1 siang, dan 5.30-6.30 sore. Krena itu, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi kopi pada rentang waktu antara 9.30-11.30 pagi.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Menurut Lisa Lisiewski, seorang ahli diet dan nutrisi yang memiliki sertifikasi, waktu tengah pagi atau awal siang mungkin menjadi waktu terbaik untuk menikmati secangkir kopi. Pada saat itu, tingkat kortisol dalam tubuh berada pada tingkat terendah, sehingga Anda dapat benar-benar merasakan manfaat dari kafein itu sendiri.

Sebaliknya, minum minuman berkafein ketika tingkat kortisol sedang tinggi mungkin tidak akan memberikan efek yang signifikan. Dengan memperhatikan ritme alami tubuh, Anda dapat memanfaatkan waktu ini untuk memaksimalkan manfaat kafein dalam secangkir kopi yang Anda minum.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com