JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Istimewa, Ganjar Pranowo Pimpin di Alun- alun Pancasila Cepogo Boyolali

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Alun-alun Pancasila Cepogo pada Kamis (1/6/2023) pagi. Dalam kesempatan tersebut, Ganjar sekaligus meresmikan alun-alun tersebut. Waskita
ย ย ย 

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Alun-alun Pancasila Cepogo pada Kamis (1/6/2023) pagi. Dalam kesempatan tersebut, Ganjar sekaligus meresmikan alun-alun tersebut.

Upacara diikuti oleh pelajar, ASN serta TNI/Polri serta perwakilan masyarakat yang berpakaian adat nusantara. Antusiasme masyarakat terlihat dengan banyaknya orang yang berkumpul di sekitar alun-alun tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengapresiasi langkah Boyolali yang memiliki Perda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Juga Perbup tentang Gotong Royong serta alun- alun dengan monumen yang bagus.

Baca Juga :  Menara Komunikasi di Puncak Gunung Merbabu Roboh Diterjang Badai Besar

Monumen dengan lambang burung Garuda yang menghadap langsung ke arah Gunung Merapi. Alun-alun ini menjadi tempat masyarakat untuk berkegiatan. Baik bagi UMKM, olahraga dan lainnya. Juga sekaligus pengingat sejarah bangsa.

โ€œMudah-mudahan ini menjadi bagian yang bisa berkontribusi sebagai ruang umum bagi masyarakat. Dan mereka akan tahu, kita punya dasar yang namanya Pancasila,โ€ katanya.

Seusai upacara, Ganjar dan pejabat terkait menyempatkan diri melihat kios di sisi selatan alun-alun. Ada 16 kios UMKM yang dinamai 15 desa di Kecamatan Cepogo. Lalu, satu kios dinamai FKDB atau Forum Komunikasi Difable Boyolali.

Baca Juga :  Pemkab Boyolali Siapkan Dana Rp 200 Juta untuk Kajian Lanjutan Situs Candi Watugenuk

Bupati Boyolali, M Said Hidayat menambahkan monumen Alun-alun Pancasila di Cepogo menjadi lambang kekokohan masyarakat. Seperti halnya Gunung Merapi dan Merbabu. Pembangunan alun-alun menelan anggaran Rp 8,747 miliar.

โ€œAlun-alun Pancasila akan menjadi pendongkrak kegiatan-kegiatan budaya,โ€ katanya.

Tak hanya itu, Pemkab juga telah menyediakan kantong parkir yang cukup memadai di komplek kios UMKM. Tidak menutup kemungkinan akan dilakukan penataan lingkungan sekitar. Termasuk potensi pelebaran jalan.

โ€œAlun-alun Pancasila ini nantinya juga bisa menjadi transit shelter bagi wisatawan Cepogo-Solo,โ€ pungkasnya. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com