JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Luncurkan KA Manahan, KAI Bidik Pangsa Solo-Jakarta Siang Hari

Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa secara simbolis meluncurkan KA Manahan / Kamis (1/6/2023) / Foto: Prihatsari
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan KA Manahan yang melayani perjalanan Solo-Gambir mulai 1 Juni 2023. KA Manahan membidik pengguna kereta api jurusan Solo-Jakarta dengan perjalanan siang hari.

Direktur Pengelolaan Prasarana PT KAI (Persero) Heru Kuswanto mengatakan selama ini KA dari Solo menuji Jakarta sudah ada beberapa. Namun dari jadwal yang ada mayoritas pagi dan malam hari.

“Iya kita membidik pangsa yang itu (siang). Untuk sementara kita sediakan satu KA dengan delapan gerbong. Masing-masing gerbong terdiri dari 50 seat. Jadi total 400 seat. Ini khusus untuk eksekutif ya,” ujarnya, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Heru menambahkan, peluncuran KA Manahan tersebut sekaligus sebagai sosialisasi perubahan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023. Gapeka 2023 merupakan jadwal baru pengganti Gapeka 2021.

“Perubahan Gapeka ini dilakukan karena demand ya. Lebih tepatnya menyusul peningkatan permintaan dari masyarakat dan membaiknya perekonomian usai pandemi covid-19. Maka kami perlu menyusun kembali gapeka di seluruh Indonesia, di sisi lain KAI juga banyak melahirkan KA baru yang harus kami layani, salah satunya KA Manahan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Keseruan Melihat Anak Hariamau Benggala di Solo Safari Saat Libur Lebaran

Menurutnya, pada Gapeka yang baru juga dilakukan peningkatan kecepatan waktu tempuh kereta api hingga 78 menit.

“Kurang lebih 1.018 km jalur KA yang bisa speed up sampai 120 km/jam, tahun ini kami usulkan ke pemerintah naik jadi 160 (km/jam, Red). Ini sedang diproses,” pungkasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com