JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Makanan Sehat Kaya Karbohidrat yang Baik untuk Penderita Diabetes

Diabetes. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Diabetes merupakan kondisi kronis yang terjadi karena pankreas tidak bisa memproduksi cukup insulin. Kondisi ini juga bisa terjadi saat tubuh tidak dapat memproses atau menggunakan insulin secara efisien.

Adanya diabetes bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat yang berdampak buruk pada tubuh.

Salah satu hal utama yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga pola makan, agar gula darah tidak melonjak atau turun drastis.

Karbohidrat dianggap sebagai musuh utama penderita diabetes. Namun penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua sumber karbohidrat buruk atau tidak sehat untuk penderita diabetes.

Dikutip dari Times of India, berikut deretan makanan sehat tinggi karbohidrat yang aman dikonsumsi penderita diabetes:

1. Polong-polongan

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Polong-polongan mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi serta sumber serat dan protein yang sangat baik. Menurut American Diabetes Association (ADA), polong-polongan seperti kacang merah, kacang pinto, kacang navy, dan kacang hitam dapat dikonsumsi secara aman oleh penderita diabetes.

2. Buah-buahan

The American Diabetes Association menyarankan penderita diabetes mengonsumsi buah apa pun selama tidak memiliki alergi. Buah-buahan berkalori tinggi seperti pisang, mangga, dan anggur, apel, jeruk, delima, pepaya, dan semangka menawarkan jumlah serat yang tepat. Namun, tetap pastikan untuk mengatur porsi Anda.

3. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti gandum, gandum, oatmeal, millet, dan beras merah adalah karbohidrat kompleks kaya serat, yang merupakan pilihan bagus bagi penderita diabetes. Makanan ini bagus untuk mengelola kadar glukosa darah karena memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

4. Makanan olahan susu

Makanan olahan susu meski memiliki gula alami bisa dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari. Hal ini karena produk susu mengandung protein dan kalsium. Jadi selama susu dan keju dikonsumsi dalam jumlah cukup, itu dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

5. Sayuran

Sayuran adalah bagian penting dari diet sehat. Namun, beberapa sayuran tinggi karbohidrat dapat berdampak pada kesehatan penderita diabetes. Contohnya kentang. Penderita diabetes dapat menambahkan ubi jalar, bit, dan jagung dalam jumlah sedang ke dalam perencanaan makanan. Makanan ini merupakan sumber serat dan vitamin A yang baik dan dapat dikonsumsi dari waktu ke waktu.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com