JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

PAPERA Wonogiri, Pedagang Pasar dan UMKM Dukung Prabowo Subianto dan Kemenangan Gerindra

Prabowo
Pelantikan DPC PAPERA Wonogiri dan dukungan kalangan pedagang pasar dan UMKM ke Prabowo Subianto. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kalangan pedagang pasar dan UMKM Wonogiri mendukung Prabowo Subianto sebagai Presiden. Mereka juga bertekad memenangkan Gerindra dalam Pemilu 2024.

Dukung terhadap Prabowo Subianto sebagai Presiden dilakukan pedagang pasar dan UMKM Wonogiri yang tergabung dalam Pedagang Pejuang Indonesia Raya atau PAPERA Wonogiri. Dukungan dideklarasikan usai pelantikan pengurus DPC Gerindra Wonogiri di salah satu rumah makan di kabupaten ujung tenggara Jateng, Selasa (18/7/2023).

Ketua DPP PAPERA Don Muzakir usai melantik pengurus DPC PAPERA Wonogiri mengatakan sudah saatnya pedagang berpolitik. Sebab untuk menentukan kebijakan sosial dan ekonomi termasuk di pasar tradisional dan ranah ekonomi rakyat harus melalui politik.

“PAPERA harus sering sering turun ke pasar, pedagang harus kita perjuangkan, ini tugas kita. Juga segera berkoordinasi dengan sayap partai Gerindra lainnya,” beber Ketua DPP PAPERA Don Muzakir.

Don Muzakir yang secara simbolis menyerahkan bendera pataka PAPERA sebagai tanda telah terbentuknya pengurus meminta agar kader DPC PAPERA Wonogiri terus bergerak masif untuk mensosialisasikan Prabowo Subianto dan Partai Gerindra.

“Sesuai instruksi Ketua Dewan Pembina agar kader terus membangun jaringan dan konsolidasi pedagang. PAPERA harus menjadi rumah perjuangan pedagang dan ekonomi kerakyatan,” tegas Ketua DPP PAPERA Don Muzakir.

Ditambahkan, pedagang harus berperan aktif membangun kesadaran publik dan menentukan arah kepemimpinan ke depan.

Sebelumnya, Ketua DPP PAPERA Don Muzakir bersama rombongan melakukan kunjungan lapangan menemui para pedagang di Pasar Kota Wonogiri. Dalam kesempatan itu juga dilakukan dialog terkait kondisi perdagangan.

Baca Juga :  Kapolsek Sidoharjo Iptu Suyoto Resmi Dilantik, Kasatreskrim Polres Wonogiri Iptu Yahya Dhadiri Sah Dikukuhkan

Di Pasar Kota Wonogiri pihaknya menemukan adanya ketidakstabilan harga barang. Hal lainnya seperti infrastruktur sejenis secara umum dalam kondisi baik.

Lebih lanjut pihaknya yakin pemilu ke depan perolehan Gerindra maupun Prabowo Subianto akan meningkat.

“Tadi saya berbincang dengan pedagang (di pasar kota Wonogiri), sebelumnya mendukung Pak Jokowi, tapi saat ini mendukung Pak Prabowo Subianto. Saya yakin (perolehan suara) akan meningkat,” ujar Ketua DPP PAPERA Don Muzakir.

Dia membeberkan sejumlah program kerja PAPERA, salah satunya infrastruktur pasar. Pedagang kaki lima atau asongan harus mendapatkan lapak atau tempat yang layak.

Jangan sampai pedagang berjualan dalam kondisi was was. Misalnya infrastruktur bangunan pasar yang kurang layak, hingga tidak representatif membuat tak nyaman berjualan.

Program selanjutnya akses modal usaha. Setelah pedagang mendapatkan tempat yang baik maka perlu modal untuk keberlangsungan usaha.

“Modal pedagang kecil paling Rp500 ribu hingga Rp 1 juta.Namun untuk mendapatkan modal 500 ribu perlu adanya jaminan. Nah, kami bergerak disini, PAPERA memperjuangkan akses modal bagi pedagang. Tidak perlu ada jaminan. Saat ini ada dana bergulir untuk pedagang tanpa adanya jaminan. Ini bisa menjadi solusi rentenir atau pinjol,” sebut Ketua DPP PAPERA Don Muzakir.

Selanjutnya adalah akses barang. Dia mengingatkan adanya kelangkaan barang seperti minyak goreng beberapa waktu lalu. Ketika kenyataan itu terjadi kondisinya sangat memberatkan pedagang maupun konsumen.

“Solusinya ketika ada minyak goreng yang langka maka menghubungi produsen atau distributor untuk segera mendistribusikan minyak dan lainnya. Tidak kalah pentingnya langkah kebijakan politik tingkat atas,” tutur Ketua DPP PAPERA Don Muzakir.

Baca Juga :  Meraup Cuan dari Bisnis Es Teh Non Franchise, Peluang Segar Untung Masuk Kantong Sendiri

Program keempat adalah pemberdayaan. PAPERA mengupayakan pendidikan ekonomi politik. Pedagang saat ini tentu tidak bisa melawan perkembangan teknologi melalui internet. Sebaliknya tugas pedagang adalah belajar online.

“Seperti di Pasar Manis Ciamis, Pasar Garut, kawan kawan pedagang di sana sudah kita ajari berdagang online. Ini salah satu tugas PAPERA,” tutur Ketua DPP PAPERA Don Muzakir.

Dia menegaskan segara memerintahkan PAPERA Wonogiri setelah pelantikan untuk segera bergerak. Persoalan pedagang banyak, problematika komplit, hutang, dan lainnya.

Di lokasi sama, Ketua DPC PAPERA Wonogiri Supar mengatakan ada 126 pasar di Wonogiri termasuk pasar tiban dan lainnya.

Pihaknya mengaku siap memperjuangkan visi dan misi PAPERA sesuai arahan pusat. Hal itu ditandai deklarasi dukungan ke Prabowo Subianto sebagai presiden dalam Pilpres 2024.

DPC PAPERA Wonogiri selanjutnya siap memenangkan Gerindra dalam Pileg 2024.

“Pedagang pasar belum dikelola oleh partai. Maka kami masuk, jadi yakin suara pedagang sangat besar dan mampu menambah perolehan suara,” ungkap Ketua DPC PAPERA Wonogiri Supar.

Sementara Ketua DPC Gerindra Wonogiri Suryo Suminto menyebutkan PAPERA Wonogiri merupakan tambahan amunisi. Senada Suryo Suminto yakin perolehan Gerindra Wonogiri meningkat di Pemilu 2024.

“Kalau bisa di Pilkada bisa mencalonkan sendiri tanpa koalisi. Tergantung juga hasil Pileg Pilpres,” ujar Ketua DPC Gerindra Wonogiri Suryo Suminto. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com