JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Pengumuman, Dishub Boyolali Bakal Lakukan Cek Emisi Kendaraan, Ini Tanggalnya

Kabid Pengujian dan Rekayasa Kendaraan, Dishub Boyolali, Heri Subagyo. Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Langkah antisipasi terkait kondisi kualitas udara dilakukan Dinas Perhubungan (Disbhub) Boyolali. Yaitu dengan menggelar pengecekan emisi kendaraan, khususnya kendarana roda empat atau lebih.

“Ini langkah antisipasi sejak dini. Jangan sampai kondisi memburuknya udara di Jakarta juga terjadi di Boyolali,” ujar Kabid Pengujian dan Rekayasa Kendaraan, Dishub Boyolali, Heri Subagyo, Kamis (31/8/2023).

Dijelaskan, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggelar pengecekan emisi kendaraan, khususnya kendarana roda empat atau lebih. Pengecekan emisi kendaraan bakal digelar pada Selasa (5/9/2023).

Baca Juga :  Suasana Pilkada 2024 Sudah Menghangat di Boyolali, Sejumlah Baliho Bertebaran di Sudut-sudut Strategis

“Kita akan mengambil sampel emisi kendaraan yang melintasi jalanan di Boyolali, khususnya di Jalan Merdeka Timur,” katanya.

Heri memastikan bahwa pengambilan sampel tersebut bukan untuk mencari kesalahan pemilik kendaraan. Para pemilik kendaraan diminta tak perlu khawatir ada sanksi. Namun kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui kadar emisi gas buang kendaraan yang melintas Boyolali.

Baca Juga :  Usai  Lebaran, Harga Bumbu Dapur di Pasar Boyolali Masih Tinggi, Namun Harga Sayur Turun

“Hasil pengecekan ini bakal menjadi bahan kajian bersama stakeholder terkait. Sehingga bisa ditentukan langkah atau upaya antisipasi kualitas udara buruk,” ungkapnya.

Rencananya, lendaraan yang melintas dari arah utara akan dihentikan lalu. Kendaraan bakal diarahkan masuk area parkir Gedung Baznas guna di cek emisi gas buangnya. Utamanya, ditujukan untuk kendaraan pribadi.

“Kan kendaraan angkutan barang, sudah rutin dicek kadar emisi gas buangnya saat uji KIR di Dishub,” pungkasnya. Waskita 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com