JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Manis Rasanya, Ini Kandungan Nutrisi Buah Sawo

ilustrasi buah sawo / tempo.co
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Buah sawo, atau Manilkara zapota, adalah buah tropis yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Di Amerika Serikat, sawo banyak didapati di Florida, dikutip dari WebMD.

Buah ini memiliki bentuk bulat dengan kulit berwarna cokelat agak merah. Sawo memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, serta daging buah yang lembut. Sawo mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, kalsium, dan serat. Sawo juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Di seluruh dunia, buah sawo dikenal juga dengan banyak nama, antara lain chikoo, chiku, dilly, naseberry, kunyahan, chicozapote, nispero, zapote, dan zapotillo. Di British West Indies sawo dikenal dengan sebutan naseberry, chicku di India, chicozapote di Meksiko, sapotillier di French West Indies, dan dilly di Bahama.

Kandungan nutrisi sawo

Buah sawo mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Satu buah sawo bobot 170 gram mengandung 140 kalori, 9 gram serat, 36 miligram kalsium, 20 miligram magnesium, 328 miligram kalium, 25 miligram vitamin C, 24 mikrogram folat, 0,4 miligram asam pantotenat atau vitamin B5, 1,4 miligram zat besi.

Mengutip Healthline, nutrisi buah sawo, yaitu 34 gram karbohidrat, 0,7 gram protein,1,8 gram lemak, 28 persen vitamin C dari nilai harian, 6 persen folat, 9 persen vitamin B5, 7 persen kalium, 16 persen tembaga, 5 persen magnesium.

Kandungab nutrisi sawo dibutuhkan tubuh untuk proses neurotransmiter, produksi kolagen, fungsi kekebalan tubuh.

Sawo juga sumber mineral bermanfaat untuk pembentukan sel darah baru, perkembangan otak, fungsi kekebalan tubuh, dan produksi hemoglobin. Sawo juga mengandung sedikit nutrisi penting lainnya termasuk potasium, magnesium, zat besi, folat, dan vitamin B5 atau asam pantotenat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com