JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Satset Dasdes, Ratusan KK di Jatiroto dan Kismantoro Kekurangan Air Bersih, LDII Wonogiri Langsung Salurkan Bantuan

Air bersih
Dropping air bersih dari DPD LDII Wonogiri untuk warga Jatiroto dan Kismantoro. Dok. Panitia
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Satset dasdes alias cepat tanggap. Begitulah aksi dma kiprah keluarga besar LDII Wonogiri menyikapi permasalahan di tengah masyarakat, khususnya kekeringan yang berimbas pada kekurangan air minum.

Terbukti ketika DPD LDII Wonogiri mengetahui adanya ratusan KK yang kekurangan air bersih di dua kecamatan, yakni Jatiroto dan Kismantoro. LDII Wonogiri langsung memberikan bantuan air bersih.

Berdasarkan laporan, dari 15 desa/kelurahan yang ada di Jatiroto, ada 4 desa yakni Desa Guno, Desa Dawungan, Desa Boto dan Desa Brenggolo yang kekurangan air bersih. Sedikitnya 230 kepala keluarga terdampak di empat desa tersebut.

Terpanggil dengan kondisi itu, keluarga besar LDII Wonogiri yang diwakili Wanhat KH Sunadi Ali Mustofa dan jajaran pengurus harian Agung Susanto, SE, Drs. Jumino, MM dan Ibnu Asmoro, S.Sos menyerahkan bantuan air bersih sebanyak 30 tangki, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga :  Serikat Pekerja Bangunan dan PU Wonogiri Dukung Irjen Ahmad Luthfi Maju Jadi Cagub Jateng

Bantuan itu diarahkan untuk membantu warga Kecamatan Jatiroto dan Kismantoro Wonogiri yang kini dilanda kekeringan hingga kekurangan air bersih.

“Musim kemarau tahun ini memang cukup panjang dan sangat terasa, sehingga kita berharap bantuan ini akan bermanfaat bagi warga yang membutuhkan,” terang Wanhat LDII Wonogiri KH Sunadi Ali Mustofa didampingi perwakilan Keluarga besar LDII Wonogiri Agung Susanto, SE kepada wartawan di Wonogiri.

Menurut Agung Susanto, bakti sosial bantuan air bersih ini dilakukan keluarga besar LDII sebagai bagian dari tugas sosial dan rasa kemanusiaan.

Awalnya ia mendapatkan laporan dari pengurus PC LDII setempat terkait warga yang kesulitan mendapatkan air bersih karena dampak kemarau panjang. Hal tersebut langsung direspon pengurus DPD LDII Wonogiri.

“Kami berkolaborasi dengan DPP LDII dan secara spontan hanya dalam perencanaan 3 hari saja kami bisa melakukan dropping air yang ternyata memang sangat dibutuhkan di dua kecamatan ini,” ungkap dia.

Baca Juga :  Kesehatan Jiwa hingga Gigi 359 Polisi Wonogiri Diperiksa, Terungkap Sudah Alasannya

Pihaknya berharap banyak ormas atau komunitas lain yang juga merespon kondisi ini sehingga warga yang terdampak kekeringan bisa mendapatkan bantuan secepatnya. Ini salah satu upaya langkah antisipatif untuk meminimalkan pengeluaran masyarakat akibat kekurangan air bersih.

Sementara, Kapolsek Jatiroto Iptu Pudyono, S.H.,M.H. saat menerima secara simbolis bantuan air bersih dari DPD LDII Wonogiri di rumah Sayono, warga Dusun Pagersari, Desa Guno, Jatiroto, menuturkan, di Desa Guno, khususnya di Dusun Pagersari yang dilanda krisis air bersih ada 50 KK .

“Jumlah tersebut bisa bertambah lagi kalau tidak segera turun hujan. Sebab, sumber-sumber air di pegunungan Brenggolo sudah kering tidak ada airnya,” papar Iptu Pudyono didampingi Marsudi, S.IP, Kepala Dusun Pagersari. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com