JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Jangan Dibuang, Ini Sederet Nutrisi dalam Biji Semangka

Ilustrasi buah semangka. Pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM — Buah semangka merupakan buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan. Selain mudah didapatkan, harga buah kaya air ini juga terbilang murah.

Selain kandungan airnya yang menyegarkan, ternyata biji semangka juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Tetapi selama ini, kebanyakan orang hanya memakan buahnya saja dan membuang bijinya. Berikut adalah nutrisi yang terkandung dalam biji semangka.

1. Magnesium

Dilansir dari emedihealth.com, sekira 28 gram biji semangka mengandung 146 miligram magnesium. Magnesium adalah salah satu nutrisi yang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh. Magnesium memiliki peran penting dalam fungsi organ jantung hingga otak.

2. Fosfor

Kandungan fosfor juga terdapat dalam biji semangka. Fosfor adalah mineral yang memiliki berbagai fungsi untuk tubuh, salah satunya adalah untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat dan sehat. Selain itu, fosfor juga membantu untuk detoksifikasi ginjal.

Baca Juga :  Ternyata ini Penyebab Orang Mengantuk Setelah Makan

3. Zinc

Zinc adalah nutrisi yang diperlukan dalam sistem reproduksi pria. Zinc dipercaya meningkatkan kualitas sperma pria. Dengan mengonsumsi biji semangka, sistem reproduksi pria diklaim akan lebih sehat.

4. Asam Folat

Nutrisi lainnya yang terdapat dalam biji semangka adalah asam folat. Asam folat ialah nutrisi yang bisa menjaga kadar sel darah putih dan sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, asam folat juga berfungsi untuk membantu proses metabolisme tubuh, khususnya yang berkaitan dengan protein dan karbohidrat.

5. Potasium

Potasium atau yang juga dikenal dengan kalium dalam biji semangka dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh. Potasium juga dapat mengatur kontraksi otot dan membantu pengoptimalan fungsi saraf.

Baca Juga :  Sederet Manfaat Minum Jeruk Nipis Dicampur Madu untuk Kesehatan

6. Zat Besi

Salah satu nutrisi penting ini juga tak ketinggalan ada di biji semangka. Dalam fungsi tubuh manusia, zat besi berfungsi untuk membantu membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan lain di dalam tubuh. Zat besi juga berperan dalam proses pembentukan energi di dalam sel dengan mengangkut elektron. Selain itu, selama ini zat besi dikenal karena bisa membantu untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah.

7. Protein

Dilansir dari tinykitchendivas.com, biji semangka mengandung protein yang tinggi. Protein dalam biji semangka bisa mencapai 40 persen. Protein dalam biji semangka itu dapat membantu proses regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, protein bagus untuk pembentukkan massa otot dan sebagai alternatif untuk program penurunan berat badan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com