JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

202 Anggota Saka Wira Kartika X Resmi Bergabung di Wonogiri

Pramuka
Kak Letkol Inf Edi Ristriyono melantik anggota Saka Wira Kartika angkatan X. Dok. Kodim 0728 Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 202 anggota Saka Wira Kartika angkatan X resmi bergabung di Wonogiri.

Ratusan anggota Saka Wira Kartika itu sebelumnya selama tiga hari menjalani pelatihan.

Dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (29/12/2023) Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono yang juga Kamabisaka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri, Letkol Inf Edi Ristriyono secara resmi melantik 202 anggota Saka Wira Kartika angkatan X.

Pelantikan bertempat di lapangan Keron Desa Wuryorejo Wonogiri.

Dalam sambutannya, Kak Letkol Edi Ristriyono mengatakan, Satuan Karya atau Saka Pramuka Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI-AD ini bertujuan mengembangkan pendidikan bela negara.

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi pramuka penegak dan pramuka pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan ketrampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan NKRI.

Baca Juga :  Uji Coba PSASP SMP Digelar 22-27 April 2024, Akhirnya Terungkap Tujuannya

“Kegiatan kepramukaan bertujuan
untuk membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa,” ujar Kak Letkol Inf Edi Ristriyono.

Kak Letkol Inf Edi Ristriyono berharap kegiatan kepramukaan semacam ini dilaksanakan dengan baik, terarah dan terukur. Sebagai sarana dan wadah pendidikan bagi generasi muda, agar menjadi manusia-manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi sebagai generasi penerus bangsa.

Baca Juga :  Tips Awal Pekan Senin Ceria, Lawan I Hate Monday dengan Semangat

“Segenap anggota Pramuka harus bergandeng tangan bersama-sama komponen bangsa lainnya yang ada di tanah air ini, untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan – kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat,” tandas Kak Letkol Inf Edi Ristriyono.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono menyampaikan beberapa pesan, harapan dan arahan. Di antaranya, meningkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri sebagai wadah pembentukan karakter bangsa bagi generasi muda. Saka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri hendaknya menjadi pelopor dalam membudayakan diri, senang berkerja keras, cerdas, rela berkorban dan ikhlas.

Saka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri sebagai tempat pendidikan dan pelatihan kepramukaan, harus melahirkan generasi muda yang memiliki wawasan kebangsaan dan bela negara yang kuat, serta amalkan Satya Dharma Pramuka sebagai inti dari gerakan pramuka. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com