JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Gaspol ala Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono, Pimpin Ratusan Personil Bersihkan Pasar Tradisional biar Lebih Nyaman dan Sehat

Sampah
Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono (depan mic) memberikan arahan ke tim gabungan pembersihan Pasar Giriwoyo Wonogiri, Kamis (7/12/2023). Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono langsung tancap gas usai dilantik menjadi orang nomor satu di institusi militer kabupaten ujung tenggara Jateng.

Terbukti dengan turunnya langsung Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono memimpin ratusan anak buahnya membersihkan area Pasar Giriwoyo, Kamis (7/12/2023).

Untuk sinergitas, Kodim 0728 Wonogiri menggandeng personil Polres Wonogiri, BPBD, pemerintah setempat, relawan, pedagang pasar, dan warga sekitar.

Sang putra daerah asli Wonogiri itu awalnya memimpin apel pasukan pembersih Pasar Giriwoyo. Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono memberikan arahan dan motivasi untuk mereka.

“Di awal musim penghujan, kita harus membuat lingkungan lebih sehat dan bersih. Supaya nyaman dan ini sekaligus sebagai langkah mitigasi bencana serta pengurangan resiko bencana, mengingat sudah terjadi bencana tanah longsor di Wonogiri pada awal musim ini,” ungkap Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono.

Baca Juga :  Wonogiri Gudangnya!Nikmati Sensasi Gurih Pedas Manis, Inilah Resep Lobster ala Restoran Bintang Lima!

Pria penyuka olahraga ini menerangkan sehari sebelumnya selesai melaksanakan karya bakti berupa pembersihan aliran sungai, guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir maupun wabah penyakit dari nyamuk.

Dan kini tak kendor dengan berlanjut melaksanakan karya bakti pembersihan di Pasar Giriwoyo.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh TNI-AD di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Kodam IV/Diponegoro khususnya Kodim 0728 Wonogiri, menggerakan seluruh anggota militer TNI dan POLRI bersama stakeholder dan masyarakat, serta instansi pemerintahan maupun swasta, sekolah-sekolah untuk sadar lingkungan, tanggap bencana, siaga bencana.

“Karena kita tau bahwa di wilayah Kabupaten Wonogiri di setiap kecamatan masih ada titik-titik rawan bencana, baik itu kekeringan, puting beliung, banjir dan tanah longsor. Saat ini musim hujan sudah mulai mengguyur di seluruh wilayah Wonogiri, curah hujan sudah naik. Dengan demikian, siaga akan bencana ataupun wabah nyamuk sudah harus menjadi prioritas pertama untuk keselamatan bersama,” sebut Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono.

Baca Juga :  5 Ide Bisnis Menguntungkan di Bulan Ramadhan 2024

Menurut dia pembersihan sungai, parit, pasar, bersfokus pada upaya meminimalisir banyaknya sampah yang akan menghambat saluran air, sehingga beresiko banjir. Pihaknya juga bakal melaksanakan penanaman pohon atau reboisasi di areal lahan gundul, yang berpotensi longsor di seluruh wilayah jajaran Kodim 0728/Wonogiri,

“Kegiatan serupa juga dilaksanakan di seluruh Koramil jajaran Kodim 0728/Wonogiri yang dilaksanakan bersama seluruh komponen masyarakat dan stakeholder terkait, sesuai kemampuan masing-masing wilayah secara serentak,” tegas Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com