JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Mulai Dibuka Besok Pagi, 20.000 Kendaraan Diperkirakan Bakal Melintas Tol Fungsional Solo- Jogja Saat Libur Nataru

Tol fungsional Solo- Jogja bakal dibuka selama libur Natal dan tahun baru (Nataru) mulai Jumat (22/12) besok pagi hingga 3 Januari mendatang. Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tol fungsional Solo- Jogja bakal dibuka selama libur Natal dan tahun baru (Nataru) mulai Jumat (22/12) besok pagi hingga 3 Januari mendatang. Diperkirakan 15.000- 20.000 kendaraan bakal melintas jalur tersebut.

Tol fungsional bakal diberlakukan sejauh 13 km dari entrance Banyudono hingga Karanganom, Klaten. Untuk itu, pemudik diminta mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Tujuannya, perjalanan lancar dan tidak terjadi hal- hal yang tak diinginkan.

“Tol fungsional dibuka Jumat besok pagi mulai pukul 06.00. Operasional berlaku hingga pukul 17.00,” kata Pimpinan Proyek (Pimpro) PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), M Ahdal Masruhin disela pengecekan jalur tol fungsional, Kamis (21/12/2023).

Dijelaskan, pengecekan selain untuk melihat kondisi jalur. Sekaligus untuk melihat kekurangan rambu- rambu pengarah ataupun peralatan pendukung lainnya. Para pengguna jalan juga diminta agar mewaspadai masih adanya perbedaan ketinggian jalan di jembatan.

Baca Juga :  Asrama Haji Donohudan Boyolali Siap Terima Kedatangan Calon Haji

Terkait hal itu, pihaknya bakal melakukan rekayasa untuk mengatasi perbedaan ketinggian tersebut.
“Sehingga pengguna jalan bisa nyaman melintas. Namun dengan batas kecepatan 40 km, kami rasa pengguna jalan bisa melakukan antisipasi,” katanya.

Untuk itu, pihaknya akan menambah rambu tentang batas kecepatan kendaraan 40 km/jam. Juga penambahan rambu- rambu pengarah, baik di entrance Banyudono maupun di karanganom, Klaten. Pihaknya juga telah memasang portal khusus kendaraan golongan 1.

“Ketinggian portal telah disesuaikan khusus untuk kendaraan golongan 1,” katanya.

Baca Juga :  Memprihatinkan, Prasasti Sarungga di Cepogo, Boyolali  Merana, Belum Dilindungi Secara Arkeologis

Terkait tim penyelamat, pihaknya telah menyiapkan mobil derek hingga ambulan untuk mengantisipasi adanya kendaraan yang macet ataupun kecelakaan. Juga ada tim Pertamina yang akan membantu penyediaan BBM untuk kendaraan yang kehabisan bahan bakar.

“Kami juga dibantu petugas kepolisian dari Polres Boyolali, Polres Klaten dan Polsek Sukoharjo,” katanya.

Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Agista Ryan Mulyanto menambahkan, untuk tanggal 22- 31 Desember, tol fungsional diberlakukan satu arah dari Banyudono ke Karanganom. Sebaliknya, tanggal 1- 3 Januari 2024, dari arah Karanganom ke Banyudono.

“Kami berharap pengguna jalan mentaati aturan yang ada agar lalu lintas berjalan lancar, aman dan nyaman,” tegasnya. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com