JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Prestasi Luar Biasa: Kabupaten Sragen Satu-satunya di Jawa Tengah Raih Penghargaan DRPLA

Penyerahan penghargaan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga diterima Wakil Bupati H. Suroto dalam puncak Acara Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 di Auditorium Sumitro Djojohadikusumo Kantor BRIN, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).
Penyerahan penghargaan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga diterima Wakil Bupati H. Suroto dalam puncak Acara Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 di Auditorium Sumitro Djojohadikusumo Kantor BRIN, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah Kabupaten Sragen telah menerima penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak (DRPLA) tahun 2023 dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, kepada Wakil Bupati H. Suroto dalam acara puncak Peringatan Hari Ibu ke-95 di Auditorium Sumitro Djojohadikusumo Kantor BRIN, Jakarta Pusat, pada Jumat (22/12/2023).

Kabupaten Sragen menjadi satu-satunya kabupaten di Jawa Tengah yang meraih penghargaan tersebut, bersama enam Kabupaten/Kota lainnya, antara lain Kota Surabaya, Kota Semarang, Kota Denpasar, Kota Surakarta, Kota Sawahlunto, dan Kabupaten Sleman.

Baca Juga :  Media Sragen Terkini (MST HONGKONG), Grup Pertama yang Terdaftar di Kemenkumham dan Memiliki Anggota Terbanyak di Kota Sragen

Penghargaan DRPLA tahun 2023 diberikan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas komitmen Kabupaten Sragen dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, pemberdayaan, dan perlindungan hak perempuan serta perlindungan anak. Wakil Bupati H. Suroto menyatakan rasa syukurnya atas prestasi ini, mengingat Kabupaten Sragen baru-baru ini juga meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya.

Dr. Y. Agus Sudarmanto, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Sragen, menjelaskan bahwa Kabupaten Sragen telah memberikan perlindungan anak dan kesempatan sebesar-besarnya kepada kaum perempuan. Kabupaten ini dinilai berhasil dalam memberikan hak perlindungan kepada anak dan perempuan, menjadi satu-satunya dari 35 Kabupaten di Jawa Tengah yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Baca Juga :  Tingkatkan Pembangunan Desa Toyogo Sragen, Blesscon Kucurkan Dana CSR

Pencapaian ini sejalan dengan upaya Kabupaten Sragen dalam mewujudkan kesetaraan gender, dengan adanya kepala daerah perempuan dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah (OPD) yang diisi oleh perempuan. Untuk meraih penghargaan DRPLA, Kabupaten Sragen memenuhi berbagai indikator, termasuk capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indeks Pembangunan Gender (IPG), Indeks Pemberdayaan Gender (IDG), dan Indeks Perlindungan Anak (IPA).

Prestasi ini menjadi hasil kerjasama seluruh pihak dan komitmen Kepala Daerah serta masyarakat Kabupaten Sragen dalam menjaga dan meningkatkan kualitas hidup perempuan dan perlindungan hak anak.

* Rilis Diskominfo Sragen

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com