JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Puncak Panen Durian Gempolan, Karanganyar, Wisatawan Ramai Berburu Durian, Harga Mulai 20 Ribu

Tumpukan durian baru petik dari kebun di Desa Gempolan, siap untuk menyambut festival durian Gempolan yang akan dibuka Selasa (1/2/2022). Foto/Wardoyo
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Puncak musim durian 2023 tinggal menghitung hari. Ratusan masyarakat di Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mulai bersiap menyambut panen raya dan kunjungan wisatawan berbagai daerah.

Selain persiapan beberapa acara bazar juga mulai digelar, beberapa pengunjung pencinta durian juga mulai ramai-ramai datang berburu durian khas Desa Gempolan, Karanganyar.

Adapun buah durian khas Gempolan mulai matang dan siap dipanen, yakni jenis durian ketan, durian sukun, durian unggul, bawor, montong, dan yang paling fenomenal di desa sentra durian Karanganyar adalah durian Musangking yang dikenal memiliki daging buah tebal dan rasa khas manis hingga pahit manis.

Bang Madit, salah satu petani durian asal Dukuh Karanguluh, Desa Gempolan, Kerjo, Karanganyar, mengatakan bahwa musim buah durian di Desa Gempolan yang terkenal dengan kampung durian itu tinggal menghitung hari untuk panen raya.

Baca Juga :  Geger, Petani di Desa Baleharjo Sragen Tewas Kesetrum Listrik di Area Persawahan Dengan Kondisi Mengenaskan

“Benar panen durian di Gempolan tinggal menghitung hari, puncak panen diperkirakan awal bulan Januari sampai Februari 2024 besok,” kata Bang Madit, Jumat (22/12/2023).

Menurutnya, ada 100 pohon buah durian di kebun miliknya tahun ini siap panen dan siap dikunjungi oleh wisatawan di awal tahun 2024 nanti.

“Alhamdulillah tahun ini ada 100 pohon buah durian di kebun saya yang siap panen dan siap dikunjungi wisatawan,” ujarnya.

Untuk pemesanan dan informasi jalur menuju kampung durian Gempolan, wisatawan dapat menghubungi Bang Madit melalui nomor WhatsApp 081386730530.

Sementara itu, untuk harga buah durian di Desa Gempolan tahun ini dibuka mulai harga Rp20.000 hingga Rp100.000.

Durian Gempolan, Primadona Wisata Kuliner Karanganyar

Durian Gempolan telah lama dikenal sebagai salah satu durian terbaik di Jawa Tengah. Durian ini memiliki cita rasa yang khas, dengan daging buah yang tebal dan lembut, serta rasa yang manis hingga pahit manis.

Baca Juga :  Harga Gas Melon di Sragen Naik 100% Jadi Rp 30.000 Selama Idul Fitri, Politikus Nasdem Bongkar Penyebabnya

Durian Gempolan dibudidayakan secara intensif oleh masyarakat setempat. Sebagian besar petani di Desa Gempolan menanam durian, baik di pekarangan rumah maupun di lahan perkebunan.

Puncak panen durian Gempolan biasanya terjadi pada bulan Januari hingga Februari. Pada saat itu, Desa Gempolan akan ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Selain untuk berburu durian, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam Desa Gempolan yang terletak di lereng Gunung Lawu. Desa ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang indah.

Dengan potensi yang dimilikinya, durian Gempolan berpotensi menjadi primadona wisata kuliner di Karanganyar.

 

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com