JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Berbagi Praktik Baik ala Komunitas Belajar Sekolah Pinggiran Wonogiri, angkat Supervisi Akademik dengan Pola Pikir Coaching

Komunitas belajar
Komunitas Belajar Sekolah Pinggiran Wonogiri menggelar berbagi praktik baik terkait supervisi akademik dengan pola pikir coaching. Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kegiatan berbagi praktik baik menjadi kebiasaan baru yang menyenangkan di Wonogiri. Seperti yang dilakukan Komunitas Belajar Sekolah Pinggiran yang disingkat KoSP Wonogiri ini.

KoSP Wonogiri berhasil menyelenggarakan kegiatan berbagi praktik baik, di ruang pertemuan SMPN 2 Karangtengah, Kamis (22/2/2024).

Kegiatan berbagi praktik baik tersebut mengangkat tema supervisi akademik dengan pola pikir coaching. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Kepala SMPN 2 Giriwoyo Sri Purwaningsih Trisnowati.

Narasumber secara jelas memaparkan praktik baik yang dilakukannya, terkait dengan pelaksanaan supervisi yang dilaksanakan pada Maret .

Kegiatan dibuka langsung Ketua Komunitas Belajar Sekolah Pinggiran, sekaligus Kepala SMPN 2 Karangtengah Anggit Joko Pramono.

Baca Juga :  Melepaskan Kekhilafan Memurnikan Hati dan Memperkuat Silaturahmi

Dalam sambutannya, Anggit Joko Pramono mengajak seluruh kepala sekolah untuk berperan aktif dalam pengelolaan kinerja guru. Sekaligus mempersiapkan pelaksanaan supervise akademik dengan baik.

“Kegiatan berbagi praktik baik hari ini memfasilitasi para kepala sekolah untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik selaku penilai kinerja guru,” tutur Anggit Joko Pramono.

Sri Purwaningsih Trisnowati memaparkan bahwa supervisi akademik dengan paradigma berpikir coaching merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Pendekatan ini berfokus pada pengembangan individu guru, sehingga dapat mendorong guru untuk terus belajar dan berinovasi.

Pada akhir kegiatan narasumber memberikan form pengamatan supervise akademik yang bisa digunakan dalam kegiatan supervise disekolah.

Baca Juga :  Balon Udara Jatuh di Jatinom Gedong Ngadirojo Wonogiri, Bisa Picu Kebakaran hingga Gangguan Penerbangan

Kegiatan tersebut diikuti para anggota Komunitas Belajar Sekolah Pinggiran. Sebut saja Kepala SMPN 1 Karangtengah Nur Kholis Sidik, Kepala SMPN 3 Karangtengah Agung Widodo, Kepala SMPN Satu Atap Karangtengah Cundoko.

Selanjutnya Kepala SMPN 1 Batuwarno Suwarto, Kepala SMPN 1 Paranggupito Assani Nugroho, dan Kepala SMPN 2 Paranggupito Retno Wulandari .

Menurut salah satu peserta kegiatan Assani Nugroho, kegiatan seperti ini sudah teragendakan sebelumnya.

“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, selain menambah wawasan juga mempererat silaturahmi sekaligus kekompakan demi memajukan pendidikan khususnya di Wonogiri selatan,” ungkap dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com