JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Semi Final KMNR 19: Ini Tempat Wisata Asik di Sekitar SMPN 1 Solo, Ada Stadion Manahan, Masjid Sheikh Zayed hingga De Tjolomadoe

Masjid Sheikh Zayed Solo
Tampak depan masjid Sheikh Zayed, Solo / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Babak Semi Final Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) 19 wilayah Jateng dan DIY akan diselenggarakan di SMP N 1 Solo Jl. MT Haryono No.4, Manahan Surakarta, pada Minggu (24/2/2024).

Rencananya babak semi final yang diikuti 2.500 peserta ini dibagi dalam tiga sesi. “Pelaksanaan semi finak KMNR 19 akan dibagi menjadi tiga sesi, dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB,” Ketua Pelaksana Semi final KMNR 19 wilayah Jateng dan DIY, kata Hari.

Sederet Tempat Wisata di Kota Solo

Tak jauh dari lokasi lomba, yaitu SMPN 1 Solo, ada beberapa destinasi wisata di Kota Solo yang dapat dikunjungi oleh peserta lomba, orangtua atau pengantar.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang direkomendasikan oleh JOGLOSEMARNEWS.COM , yang sayang kalau dilewatkan.

1. Kawasan Stadion Manahan Solo

Tempat wisata sekitar Manahan tentunya tidak lepas dari Stadion Manahan Solo. Stadion sekelas internasional ini menjadi stadion kebanggaan warga Solo. Sejumlah event besar nasional dan internasional juga telah diadakan di Stadion tersebut. Salah satunya event Piala Dunia U-17 yang baru saja digelar akhir 2023 lalu.

Karena telah menjadi Stadion berstandar internasional, tidak sembarangan event bisa digelar di Stadion Manahan Solo. Namun untuk di sekitar kawasan Stadion Manahan Solo, terbuka untuk umum. Berbagai aktivitas olahraga bisa dilakukan di sekitarnya. Bahkan kawasan Stadion Manahan dibuka hingga malam. Hal ini untuk mengakomodasi warga yang ingin berolahraga di malam hari.

Selain itu, ada juga air mancur menari di depan Stadion Manahan Solo. Namun air mancur menari ini hanya bisa dinikmati di waktu-waktu tertentu saja.

Baca Juga :  Ribuan Kaum Muslimin Laksanakan Salat Idul fitri 1445 H di Halaman Edutorium UMS

Jarak dari SMPN 1 Solo ke Stadion Manahan hanya beberapa ratus meter saja.

2. Solo Paragon Mall

Solo Paragon Mall atau populer disebut Sopar menjadi salah satu mall idola di Kota Solo. Pasalnya, Sopar merupakan mall favorit keluarga Presiden Joko Widodo. Setiap kali pulang kampung ke Solo, Presiden Jokowi selalu menyempatkan diri nge-mall di Sopar bersama cucu-cucunya Jan Ethes dan La Lembah Manah. Sopar memiliki parkiran yang luas, selain itu lokasinya juga menjadi satu dengan Paragon Hotel.

Mall yang berada di sebelah timur Lapangan Kotta Barat tersebut merupakan salah satu mall paling ramai dikunjungi di Solo. Jarak Mall ini dari lokasi lomba hanya sekitar 1 KM.

studio rekaman lokananta
Tampak depan studio rekaman musik , bersejarah Lokananta / tribunnews

3. Lokananta

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Solo adalah Lokananta. Studio rekaman tertua di Indonesia ini, kini sudah cantik. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka telah merevitalisasi Lokananta sedemikian rupa menjadi tempat nongki asik buat kawula muda.

Tapi tetap tidak meninggalkan sejarahnya. Bangunan Lokananta yang masuk kategori cagar budaya juga masih dipertahankan. Jarak Lokananta dari lokasi lomba tak sampai 2 KM.

4. Masjid Sheikh Zayed Solo

Lokasi wisata ketiga di sekitar SMPN 1 Solo atau Manahan yaitu Masjid Sheikh Zayed Solo. Masjid hadiah dari Pangeran Arab untuk Presiden Joko Widodo ini terletak di sebelah timur Terminal Tirtonadi Solo. Masjid miniatur dari Grand Mosque Sheikh Zayed di Abu Dhabi ini menhadi destinasi wisata reliji unggulan di Kota Solo.

Selain menikmati kemegahan arsitektur masjid yang sama persis dengan masjid di Abu Dhabi, di sekitar masjid juga menyediakan wisata edukasi seperti mengenal tanaman-tanaman khas Timur Tengah yang ditanam di area masjid. Ada juga perpustakaan di dalam masjid. Jarak dari SMPN 1 Solo ke Masjid Sheikh Zayed sekitar 4 KM.

Baca Juga :  Keseruan Melihat Anak Hariamau Benggala di Solo Safari Saat Libur Lebaran

5. De Tjolomadoe

Benda-benda koleksi Museum De Tjolomadu. Triawati

Bekas pabrik gula di Colomadu, Karanganyar menjadi salah satu tempat wisata yang harus dipertimbangkan untuk ditengok saat berkunjung di Solo. Meskipun lokasinya di Colomadu, Karanganyar, namun De Tjolomadoe membawa branding Solo.

Kalian bisa menikmati pengalaman berkeliling di bekas pabrik gula ini dan mempelajari sejarahnya. Dengan tanpa mengubah bangunan aslinya, lokasi De Tjolomadoe menjadi idola untuk wisata swafoto. Jarak De Tjolomadoe ke SMPN 1 Solo hanya sekitar 8 KM.

4. Keraton Solo

Destinasi wisata cagar budaya ini jangan dilewatkan kalau lagi di Solo. Banyak yang bisa dipelajari dan dinikmati di Keraton Solo. Budaya hingga arsitektur bangunannya menjadi unggulan di sini. Jika ke Keraton Solo, jangan lupa ke museumnya ya. Setelah dari Keraton Solo, bisa mampir ke Pasar Klewer juga. Mau nyari oleh-oleh batik atau baju khas Solo bisa juga di Pasar Klewer.

6. Solo Safari

Ke Solo bersama keluarga? Yuk mampir Solo Safari. Destinasi wisata keluarga Solo Safari menjadi favorit karena banyak dikunjungi tidak hanya saat weekend tapi juga weekdays. Tempat wisata di dekat Sungai Bengawan Solo ini menyuguhkan berbagai macam satwa.

Pengunjung juga bakal dimanjakan dengan Makunde Resto yang menyajikan konsep makan bareng singa. Tentu saja itu akan jadi pengalaman asik untuk anak-anak. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com