JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Temukan Dua Kotak Suara Dimakan Rayap, Bawaslu Boyolali Belum Tahu Kondisi Surat Suara di Dalamnya

Dua kotak suara ditemukan rusak karena dimakan rayap. Kerusakan dua kotak suara tersebut ditemukan Bawaslu Boyolali di Desa Gunungsari, Kecamatan Wonosamudro. Istimewa
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dua kotak suara ditemukan rusak karena dimakan rayap. Kerusakan dua kotak suara tersebut ditemukan Bawaslu Boyolali di Desa Gunungsari, Kecamatan Wonosamudro.

“Benar, ada temuan seperti itu,” ujar Ketua Bawaslu Boyolali, Widodo, Selasa (13/2/2024).

Dijelaskan, temuan itu berdasarkan laporan berjenjang dari jajarannya pada Selasa (13/2/2024). Di TPS 2, kotak suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden rusak dimakan rayap. Kemudian, satu kotak suara di TPS 11 untuk pemilihan DPR RI.

Baca Juga :  Belok di Bukaan Median Jalan, Pemotor di  Boyolali Ini Tersambar Honda CRV, Akhirnya Tewas

Pihaknya mengaku sudah meminta Panwascam setempat untuk mengecek kembali kondisi kotak suara yang telah didistribusikan. Hal itu guna memastikan apakah ada kerusakan kotak suara lainnya lagi.

“Meskipun sudah dibungkus plastik, ternyata rayap masih bisa memakan kardus kotak suara,” katanya.

Namun demikian, pihaknya belum mengetahui kondisi surat suara atau logistik yang ada di dalam dua kotak suara yang rusak tersebut. Pasalnya, kotak suara yang masih tersegel itu belum dibuka oleh KPU Boyolali.

Baca Juga :  Jalani Perawatan di 3 Rumah Sakit, 4 Orang JCH Ditunda Keberangkatannya ke Tanah Suci

“Kewenangan kami hanya melakukan pengawasan saja. Untuk pembukaan kotak suara merupakan kewenangan KPU,” katanya.

Dihubungi terpisah melalui ponselnya, Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Muhammad Rohani mengatakan, pihaknya secepatnya akan melakukan pengecekan terhadap kotak suara yang dimakan rayap itu.

“Kita cek secepatnya. Kalau memang harus diganti, nanti kita akan koordinasi dengan keamanan dan Bawaslu untuk turut menyaksikannya,” tandasnya. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com