JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Asrama Haji Donohudan Boyolali Siap Terima Kedatangan Calon Haji

Asrama Haji Donohudan, Boyolali / Foto: Waskita
   

BOYOLALI,  JOGLOSEMARNEWS.COM –  Musim haji bakal dimulai pertengahan Mei mendatang. Kloter pertama Calon jamaah haji (CJH) bakal masuk Asrama Haji Donohudan (AHD) Kecamatan Ngemplak pada tanggal 11 Mei.

Menurut Kepala Kemenag Jateng,  Musta’in Ahmad, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pengkloteran CJH yang akan masuk ke Embarkasi Haji di Asrama Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak.

Total ada 100 kloter untuk CJH Jateng -Jogjakarta.

“Untuk pengkloteran, nanti kloter pertama akan masuk ke AHD pada 11 Mei kemudian kita berangkatkan 12 Mei,” katanya, Selasa (16/4/2024).

Kloter pertama akan dimulai dari CJH eks-Karesidenan Kedu. Dilanjutkan eks-Karesidenan Banyumas, Pekalongan, Semarang dan kemudian Surakarta. Untuk CJH asal Jogjakarta terbagi dalam 10 kloter.

Baca Juga :  JCH Embarkasi Solo yang Meninggal Bertambah, Soekisno Asal Pekalongan Wafat di RS Moewardi Solo

“Nantinya kloter Yogyakarta akan masuk di tengah-tengah pemberangkatan itu,” katanya.

Diungkapkan, kuota haji Jateng sebanyak 31.711 CJH. Atau bertambah dari 30.300 pada tahun lalu.

“Kami di Jateng ada juga kuota cadangan 4.000 CJH. Dan kami kemungkinan 100 kloter untuk Jawa Tengah dan Jogjakarta.”

Selain itu, pelaksanaan ibadah haji beberapa tahun ke depan tetap memprioritaskan lanjut usia (Lansia). CJH tahun ini rata-rata telah menunggu antrean Haji selama 12 tahun. Kuota lansia dalam ibadah Haji tahun ini mencapai 40 persen dengan usia 65 tahun ke atas.

“Jadi kami siapkan khusus di satgas embarkasi Donohudan, bidang khusus yang menangani lansia. Mereka akan kami prioritaskan untuk menerima pelayanan awal. Kami berikan fasilitas untuk kalau-kalau membutuhkan konsumsi khusus. Nanti di pesawat juga begitu, nanti yang di Tanah Suci juga begitu. Kami harapkan ke depan temanya itu Haji yang gembira, haji yang ceria.”

Baca Juga :  Masak Air di Tungku Kayu Bakar dan Ditinggal Pergi, Pulang-pulang Gudang Mebel di Boyolali Ludes Terbakar

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar para CJH menjaga kesehatan. Karena ibadah Haji lebih banyak menggunakan fisik. Selain itu, para CJH diminta untuk lebih memahami tentang kaidah-kaidah manasik Haji.

Lalu kegiatan-kegiatan yang memforsir fisik untuk diatur.

“Kemarin- kemarin kan kalau mau Haji itu ada acara pamitan-pamitan. Itu juga bagus. Tapi tolong agar kegiatan pamitan haji dikelola dengan baik sehingga tidak terjadi kelelahan fisik,”  pungkas dia.  Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com