JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Daftar Jalur Alternatif Mudik Wonogiri, Antisipasi Yen Macet Bolo

Antrian panjang kendaraan yang akan melintasi Bangjo Baturetno, Wonogiri.
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Mudik dan macet memang seakan identik. Sangat beralasan mengingat pada momen mudik terjadi gelombang besar perantauan menuju kampung halaman hingga jalanan utama macet.

Tentu solusinya adalah melalui jalur alternatif mudik. Sayangnya masih banyak peboro yang belum tahu jalur alternatif mudik itu hingga terpaksa terjebak kemacetan panjang dan lama.

Nah, bagi Anda yang khusus mau mudik ke Wonogiri pada Lebaran 2024 ini, Pemkab Wonogiri sudah menyiapkan jalur alternatif.

Jalur alternatif ini difungsikan ketika jalan utama berpotensi terjadi kepadatan atau macet. Lantas dimana saja jalur alternatif mudik Lebaran 2024 di Wonogiri itu?

“Kita situasional, lihat kondisi di lapangan tergantung nanti kepadatan di jalan itu,” ujar Kepala Dishub Wonogiri Waluyo kepada wartawan, Rabu (3/4/2024).

Jika arus lalu lintas ramai, kata Kepala Dishub Wonogiri Waluyo, akan diberlakukan rekayasa. Saat ini pihaknya telah menyiapkan material untuk rekayasa lalu lintas.

“Setiap persimpangan sudah kita siapkan water barrier. Kita gunakan kalau sudah akan rekayasa. Kita koordinasi dengan kepolisian,” ungkap Kepala Dishub Wonogiri Waluyo.

Saat ini jalur alternatif dipetakan berdasarkan wilayah yang sering terjadi kemacetan saat momen Lebaran. Di antaranya Kecamatan Wonogiri, Ngadirojo, Jatisrono, Slogohimo, Purwantoro, Pracimantoro, dan Baturetno.

Berikut jalur alternatif mudik Lebaran 2024 di Wonogiri

1. Kecamatan Wonogiri

-Dari arah Solo bisa melintas Jalan Brigjen Katamso (tidak lewat kawasan kota atau Jalan RM. Said). Jalan ini tembus di kawasan Kantor Pertanahan Wonogiri atau utara Alun-Alun Wonogiri (Jalan Pemuda I)

Baca Juga :  Arus Balik Lebaran 2024, Pemudik Mulai Kembali ke Perantauan

– Dari arah Solo atau Kelurahan Giriwono (Jalan Jendral Ahmad Yani) bisa belok ke kiri saat sampai di pertigaan Alas Ketu melalui Jalan Gn. Giri. Jalan ini tembus di kawasan Kantor Pertanahan Wonogiri atau utara Alun-Alun Wonogiri (Jalan Pemuda I).

– Dari arah Solo, saat tiba di depan Terminal Giri Adipura Wonogiri bisa langsung masuk Jalan Lingkar Kota (JLK). Jalan ini akan tembus di Jalan Raya Wonogiri-Pracimantoro, tepatnya di utara Mapolres Wonogiri.

2. Kecamatan Jatisrono

– Dari Wonogiri ke Ponorogo, bisa masuk dari simpang tiga Pegadaian Jatisrono. Kemudian keluar dari simpang tiga makam pahlawan

– Dari Ponorogo ke Wonogiri, masuk dari simpang tiga pasar lawas, kemudian keluar dari Simpang Tiga Asem Legi.

3. Kecamatan Ngadirojo

– Dari Wonogiri ke Ponorogo atau Pacitan, bisa masuk dari barat Pasar Ngadirojo dan keluar di sebelah timur Pasar Ngadirojo

– Dari Ponorogo ke Wonogiri, bisa masuk dari simpang empat gudang kapuk kemudian keluar di jalan sebelah barat Bakso Titoti atau timur Makam Brubuh

– Dari Pacitan ke Wonogiri, bisa masuk dari jalan sebelah selatan Masjid Ngadirojo kemudian keluar di jalan sebelah barat Bakso Titoti atau timur Makam Brubuh

4. Kecamatan Purwantoro

Dari Ponorogo ke Wonogiri, bisa masuk dari simpang tiga sebelah timur Pasar Purwantoro, kemudian keluar dari simpang tiga Lapangan Purwantoro.

Baca Juga :  Cara Beradaptasi dengan Pola Makan Pasca Puasa Ramadhan 2024

5. Kecamatan Slogohimo

Dari Wonogiri ke Ponorogo, bisa masuk dari simpang empat sebelum SDN 1 Slogohimo, kemudian keluar dari simpang tiga RS Amal Sehat Slogohimo.

6. Kecamatan Baturetno

– Dari Wonogiri ke Kecamatan Batuwarno atau Pacitan, bisa masuk dari sebelah utara sebelum simpang empat Baturetno dan bisa keluar dari simpang tiga sebelah timur simpang empat Baturetno.

– Dari arah Batuwarno ke Pacitan, bisa masuk ke kiri dari simpang empat sebelum simpang empat Baturetno dan keluar dari simpang tiga di selatan Terminal Baturetno.

– Dari Pacitan ke Wonogiri, bisa masuk ke kiri dari arah selatan sebelum Terminal Baturetno dan keluar dari simpang empat sebelum simpang empat Baturetno (memutar di jalan sekitar Lapangan Baturetno).

7. Kecamatan Pracimantoro

– Dari Wonogiri ke Pacitan, bisa masuk dari simpang tiga Puskesmas Pracimantoro dan keluar dari simpang empat sebelah timur Pasar Pracimantoro.

-Dari Pacitan ke Baran Gunung Kidul, bisa masuk dari simpang tiga setelah SPBU Pracimantoro dan keluar dari simpang empat sebelah selatan simpang empat Pracimantoro.

– Dari Baran Gunung Kidul ke arah Bedoyo, bisa masuk dari utara SMPN 1 Pracimantoro dan keluar dari sebelah barat simpang empat Pracimantoro.

– Dari Bedoyo ke Wonogiri, bisa masuk dari timur SMAN 1 Pracimantoro dan keluar dari simpang tiga sebelah utara Kantor Kecamatan Pracimantoro. Sumber : Dishub Wonogiri/Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com